PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Julieta Dewantari, Heni Rusnayati, Irma Rahma Suwarma

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran modified free inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gerak harmonis sederhana. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di salah satu SMA di Margahayu, sedangkan sampel penelitiannya berjumlah 35 siswa pada satu kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan diantaranya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Keterlaksanaan Pembelajaran, serta Lembar Tes Kemampuan Berpikir Kritis. Dari hasil penelitian didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 pada uji t berpasangan. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pre-test dengan post-test. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah siswa diberikan treatment berupa penerapan model pembelajaran modified free inquiry. Adapun peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dapat diketahui dengan perolehan skor gain ternormalisasi sebesar 0,6816, dimana skor ini termasuk pada kategori tinggi.


Keywords


modified free inquiry; kemampuan berpikir kritis; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmi, E. F., Diana, S., & Wulan, A. R. (2020, February). The Implementation of Modified Free Inquiry Learning Model to Improve Critical Thinking Skills of 21st-Century Students in High School on Bryophyta Learning. In International Conference on Educational Psychology and Pedagogy-" Diversity in Education"(ICEPP 2019) (pp. 101-105). Atlantis Press.

Ariani, T. (2020). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in Physics Problems. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 3(1), 1-17.

Ennis, R. H. (1985). A Logical Basis for Measuring Critical Thinking Skills. Association for Supervision and Curriculum Development.

Hadi, S. A., Susantini, E., & Agustini, R. (2018). Training of students’ critical thinking skills through the implementation of a modified free inquiry model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 947, No. 1, p. 012063). IOP Publishing.

Muspiroh, N., Umami, M., & Cahyati, D. (2019, February). Implementation of free inquiry learning model to establish 21st century skills. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 2, p. 022118). IOP Publishing.

Kholilurrohman, K., & Suryadarma, I. G. P. (2019). The Effect of Modified Free Inquiry Approach on Student’S Process Skill and Science Attitudes. Journal of Science Education Research, 3(1), 67-80.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sundayana. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.