STUDI LITERATUR: MODEL PEMBELAJARAN DIRECT LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Syahdina Elbi, Khairiah Khairiah, Lia Afriyanti Nasution, Jafri Haryadi, Putri Pratiwi Lestari, Rita Destini

Abstract


Dalam pendidikan, guru dituntut untuk secara professional merancang pembelajaran efektif dan bermakna, mengorganisasikan pembelajaran, memilih serta menentukan model pembelajaran yang tepat, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dan karakter, serta menetapkan kriteria keberhasilan yang harus dicapai. Dalam memilih model pembelajaran, guru harus memilih model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Model pembelajaran yang menyenangkan serta menarik perhatian siswa, sesuai dengan materi yang akan disampaikan, sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih tepat dan mudah diterapkan dalam proses pembelajaran maka dilakukan studi literatur yang membandingkan model pembelajaran direct learning.


Keywords


Model Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Inovatif, Kreatif, Literatur

Full Text:

PDF

References


Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75.

https://doi.org/10.21009/pip.321.8

Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. In 64 | JURNAL IKA (Vol. 7, Issue 2).

Fitriyah, F., Murtadlo, A., & Warti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi, 9(2), 108–112.

https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1898

Hutajulu, T. (2021). Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMK. Journal of Education Action Research, 5(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.

Rahmayani, A., Siswanto, J., Budiman, M. A., Guru, P., & Dasar, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 246–253.

Sri Elita, G., Habibi, M., Putra, A., Nelpita Ulandari, dan, Studi Pendidikan Matematika, P., Agama Islam Negeri Kerinci Jalan Pelita, I. I., Penuh, S., Gedang, S., Kunci, K., Pemecahan Masalah Matematis, K., Metakognisi, P., & Based Learning, P. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis The Effect of Problem Based Learning with Metacognition Approaches on Mathematical Problem Solving Skill. 8(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Supriatna, E., Menengah Atas Negeri, S., Tengah, L., Tenggara Barat, N., Author, C., & Supriatna Sekolah Menengah Atas Negeri, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366


Refbacks

  • There are currently no refbacks.