Development of Merdeka Curriculum-Based Student Worksheets for Physics Learning Phase F

Agung Prastyo, Eristiyani Rahmah Faidi

Abstract


Masa transisi kurikulum pendidikan sedang terjadi di Indonesia. Kurikulum pendidikan mengalami perubahan dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Pembelajaran fisika masa kini perlu sejalan dengan amanat kurikulum yang berlaku, yaitu kurikulum merdeka. Namun pembelajaran fisika mengalami kendala seperti keterbatasan bahan ajar fisika berbasis kurikulum merdeka, salah satunya lembar kerja peserta didik untuk fase F. Selain itu, pembelajaran fisika belum sepenuhnya menonjolkan elemen keterampilan proses. Berdasarkan hal tersebut, pengembangan lembar kerja fisika berbasis kurikulum merdeka perlu dilakukan. Jenis penelitian ini berupa penelitian pengembangan dengan model 4-D Thiagarajan untuk menghasilkan produk berupa lembar kerja. Model tersebut terdiri dari 4 tahap, yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun tahap penyebaran tidak dilakukan karena penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawamcara, angket, dan observasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja berbasis kurikulum merdeka memuat 2 elemen, yaitu pemahaman fisika dan keterampilan proses. Penyajian konten pembelajaran dalam lembar kerja disusun berdasarkan alur keterampilan proses berbasis kurikulum merdeka. Penilaian panelis menghasilkan bahwa lembar kerja berkriteria sangat baik dari aspek materi, media, dan bahasa. Uji coba pengembangan menghasilkan penilaian lembar kerja berkriteria sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, lembar kerja siap dieksperimenkan dalam pembelajaran fisika.



Keywords


lembar kerja peserta didik; kurikulum merdeka; pembelajaran fisika; keterampilan proses

Full Text:

PDF

References


Aldi, S., Adnan, & Ismail. (2022). Inovasi Pembelajaran Biologi: e-LKPD Berbasis Keterampilan Proses Sains Materi Semester I Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM, 273-282.

Anggraena, Y., Felicia, N., G, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2021). Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 123. https://repositori.kemdikbud.go.id/20029/1/Buku Merdeka Belajar 2020.pdf

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aroka, R., Desman, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 9 Padang. Journal of Social Science Research, 3, 9609-9619.

Azman, M. K., Wedi, A., & Husna, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Materi Kehidupan Masyarakat Pada Masa Pra Aksara di Indonesia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 5, 132-141.

Azwar, Saifuddin. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2, 55-61.

Farizka, F., Yogica, R., & Fuadiyah, S. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Android pada Materi Pembelajaran Sistem Gerak Manusia Kelas XI SMA. Prosiding SEMNAS BIO, 01, 1058-1065.

Habaridota, M. L. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar dan Aplikasi Canva for Education Kelas 4 SD/MI. Journal on Teacher Education (JOTE), 4, 841-851.

Herman, & Aslim. (2015). Pengembangan LKPD Fisika Tingkat SMA Berbasis Keterampilan Proses Sains. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4, 113-118.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif :: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 3011-3024.

Junaidi, A. (2021). Kurikulum Merdeka : Ide untuk Sekolah-Sekolah Indonesia di Dunia Pasca Pandemi. November. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.21313.07522

Kemendikbud. (2022). Latar Belakang Kurikulum Merdeka. Retrieved Juni 15, 2023, from Merdeka Mengajar: https://pusatinformasi.guru.kemendikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka

Laurentia, I. F., & Pahlevi, T. (2023). Pengembangan LKPD Kurikulum Merdeka Berbantuan Aplikasi Ispring Suite 10 pada Elemen 4 Kelas X MPLB di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 3873-3884.

Lukum, A. (2019). Pendidikan 4.0 Di Era Generasi Z: Tantangan Dan Solusinya. Pros. Semnas KPK, 1-3.

Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Sendika, 5, 392-296.

Maullidyawati, T., Maulidiya, L., Rahmadani, R. S., & Rusly. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Flipped Classroom pada Materi Kesetimbangan Kimia untuk Melatihkan Literasi Sains di Era Merdeka Belajar. UNESA Journal of Chemical Education, 11, 104-112.

Muslim. (2022). Mengintegrasikan Pembelajaran Fisika dan Asesmen Berorientasi Keterampilan Proses Sains Berdasarkan Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 1, 1.

Numa, R., Astiti, K. A., Lalus, H. F., & Supu, A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis HOTS pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 13, 34-44.

Nurhamida, & Andromeda. (2023). Validitas dan Praktikalitas Modul Ajar Berbasis Project Based Learning pada Materi Perubahan Fisika dan Kimia Kelas X SMA/MA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13, 398-103.

OECD. (2019, December 3). Programe for International Student Assessment (PISA). Retrieved Juni 18, 2023, from OECD: https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

P21. (2015). Framework for 21st Century Learning. Retrived September 28, 2015, from HYPERLINK "http://www.p21.org/storage/documents/docs/P21_Framework_Definitions_New_Logo_2015.pdf". diakses 19 Juni 2023

Prastyo, A. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Kurikulum Merdeka dengan Pendekatan UbD untuk Pembelajaran Fisika pada Materi Momentum dan Impuls sebagai Implementasi Profil Pelajar Pancasila.

Prastyo, A., Fithriyah, H., & Ekawati, E. Y. (2022). Konstruksi Indikator Penilaian Proyek Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran Fisika Fase F. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), 1-9.

Rihada, A. M., Jagat, R. S., & Setiabudi, D. I. (2021). Refleksi Guru dalam Pengembangan Pembelajaran Berdasarkan Hasil PISA (Programme for International Student Assesment). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1, 1-8.

Rosyida, B. F., & Nurita, T. (2018). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Pemisahan Campuran Melalui Pembelajaran Guided Inquiry. E-Juenal Pendidikan Sains, 6, 421-425.

Salsabila, V. A., & Rinaningsih. (2023). Review : Efektivitas LKPD pada Pembelajaran Kimia melalui Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. UNESA Journal of Chemical Education, 12, 75-82.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, Semmel dan Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Source Book. Indiana: ERIC.

Ulfah, A., Bintari, S., & Pamelasari, S. (2013). Pengembangan LKS IPA Berbasis Word Square Model Keterpaduan Connected. Unnes Science Education Journal, 239-244.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.