Implementation of Teams Games Tournaments to Improve Higher Order Thinking Skills and Student Learning Motivation in Global Warming Materials

Salma Ribie, Agus Danawan, Lina Aviyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan motivasi belajar siswa, keterlaksanaan dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams GamesTournaments, serta untuk mengetahui hubungan antara keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan One-group pretest-posttest design dengan jumlah sampel penelitian 44 siswa di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam bentuk pilihan ganda beralasan (two-tier), kuesioner untuk mengukur motivasi belajar dan tanggapan siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini meliputi statistik deskriptif, perhitungan N-Gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran TGT dapat meningkatkan HOTS dan motivasi belajar sebesar 0,61 dan 0,57 dengan kategori sedang. Partisipan memberikan tanggapan positif serta keterlaksaan model pembelajaran yang sangat baik dengan presentase nilai rata-rata di atas 90%. Hasil analisa pun menunjukkan hubungan positif antara keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dengan motivasi belajar yaitu sebesar 0,41 pada kategori korelasi sedang.


Keywords


Teams games tournaments; higher order thinking skills; learning motivation

Full Text:

PDF

References


Abubakar, & Attahir. (2018). Innovative and Creative Skills for the 21st Century Librarian. Benefits and Challenges in Nigerian Academic Libraries, 113-120.

Agustini, F., & Fajriyah, K. A. (2017). Keterampilan Berpikir Tinkat Tinggi Siswa Kurikulum 2013 Di Kota Semarang . Jurnal Kreatif, VIII. doi:https://doi.org/10.15294/kreatif.v8i1.16488

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Kemendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lumowa, S., Mahmudah, & Tindangen, M. (2018). Analisis Permasalahan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi . Jurnal Pendidikan, III. doi:http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10517

Muzaemah. (2018). Penerapan Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, VI. doi:http://dx.doi.org/10.30738/wiyata dharma.v5i1.3221

Pratama, A. N., & Purnomo, E. A. (2017). Penerapan Teams Games Tournaments Terhadap Higher Order Thinking Skills Pada Teori Graf. Jurnal Unimus.

Robiyem, S. (2021). Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Motivasi Belajar Siswa . (Budiman, Ed.)

Santosa , D. T., & Tawardjono. (2016). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar dan Solusi Penanganan Pada Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, XIII.

Santoso. (2005). Buku Latihan Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Widiyanto. (2013). Statistika Terapan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.