Samiran noisy waterfall analysis as a source of dynamic fluid learning

Kholilur Rohman, Arin Wildani, Chairatul Umamah

Abstract


Pembelajaran fisika di sekolah membutuhkan pembelajaran yang memuat fenomena fisika dalam kehidupan sehari-hari agar siswa mudah memahami materi yang akan diajarkan. Aliran air terjun Berisi Samiran merupakan salah satu contoh fenomena fisika dalam kehidupan sehari-hari yang termasuk dalam materi fluida dinamis, sehingga dapat dijadikan penunjang untuk merancang Modul Praktikum yang bersifat kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika fluida pada aliran air terjun sebagai rancangan dasar Modul Praktikum fisika berbasis eduwisata. Pengukuran lebar, kedalaman, dan luas penampang aliran dilakukan menggunakan rol meter, pengukuran waktu aliran air dihitung menggunakan stopwatch.Setelah mendapatkan data dari pengukuran secara langsung, maka peneliti melakukan pemeriksaan silang dengan menggunakan perhitungan matematis. Pengukuran dilakukan dengan hasil pada luas satu 48 m dan luas dua 45 m. kecepatan rata-rata aliran air terjun area satu 0,29 m/s da area dua 0,31 m/s. Hasil kajian dinamika fluida menunjukkan bahwa kecepatan aliran terbalik terhadap luas penampang sungai hal ini sesuai dengan hukum kontinuitas, sehingga air terjun berisi samiran layaknya dijadikan tempat praktikum fluida dinamis.


Keywords


Aliran air terjun; fluida dinamis; hukum kontinuitas.

Full Text:

PDF

References


Anon. n.d. “Ani Cahyadi Pengembangan Media (Book).Pdf.”

b.p.sitepu. 2010. “Sumber Belajar Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” B. P. Sitepu’s Blog.RetrievedNovember26,2022https://bintangsitepu.wordpress.com/2010/07/07/sumber-belajar-di-era-teknologi-informasi-dan-komunikasi/).

Budiaji, Weksi. 2018. Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. preprint. INA-Rxiv. doi: 10.31227/osf.io/k7bgy.

Fathiah, Fathiah, Ida Kaniawati, and Setiya Utari. 2015. “Analisis Didaktik Pembelajaran Yang Dapat Meningkatkan Korelasi Antara Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Materi Fluida Dinamis.” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 1(1):111–18. doi: 10.21009/1.01116.

Fuadi, M. Anis. 2018. “Kajian Dinamika Fluida pada Aliran Air Terjun Tujuh Bidadari Kabupaten Jember sebagai Bahan untuk Menyusun Rancangan Modul Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA.”

Harseno, Edy. n.d. “Studi Eksperimental Aliran Berubah Beraturan Pada Saluran Terbuka Bentuk Prismatis.” 26.

hunanizar, Diajukan. n.d. “Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Sekolah Menengah Atas.” 2020.

Ika, Yasinta Embu, Antonia Fransiska Laka, Philipus Nerius Supardi, and Donatus Rendo. 2022. “Persepsi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Flores Tentang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).” OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika 6(2):158–67. doi: 10.37478/optika.v6i2.2194.

Jati, Eling Purwanto, Hary Pudjianto, and Aldila Krisnaresanti. 2019. “Analisis Pengelolaan Program Eduwisata Di Desa Susukan Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.” Sustainable Competitive Advantage (SCA) 9(1).

Khair, Jenni Mutiarawati, Dasmo Dasmo, and Fatahillah Fatahillah. 2021. “Pengembangan Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Pokok Bahasan Fluida Dinamis.” SINASIS (Seminar Nasional Sains) 2(1).

Marlina, Reni. 2013. “Pemanfaatan Lingkungan Lokal Dalam Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Biologi.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 10(1). doi: 10.26418/jvip.v10i1.2064.

Mastuang, Mastuang, Misbah Misbah, Zainuddin Zainuddin, Surya Haryandi, Dewi Dewantara, Rizky Hidayat, and Desi Rianti. 2020. “Validitas Modul Praktikum Fisika Dasar I Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Mahasiswa.” JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online) 8(2).

Muldayanti, Nuri Dewi, Arif Didik Kurniawan, and Selinovia Selinovia. 2020. “Pembelajaran Ipa Menggunakan Media Sumber Daya Alam Lokal Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Lesson Study TerhaDAP HASIL DAN MOTIVASI SISWA.” Jurnal Bioeducation 7(1):23–28. doi: 10.29406/.v7i1.1934.

Noor, Faiq Makhdum, and Insih Wilujeng. 2015. “Pengembangan Ssp Fisika Berbasis Pendekatan Ctl Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 1(1):73. doi: 10.21831/jipi.v1i1.4534.

Prasetyo, Didit. 2018. “Kajian Dinamika Fluida Pada Aliran Air Terjun Damarwulan Ledokombo Kabupaten Jember Sebagai Bahan Untuk Merancang Lembar Kerja Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma.”

Rahman, Fahyumi, and I. Putu Ananda Citra. 2018. “Karakteristik Air Terjun Sebagai Potensi Wisata Alam Di Kecamatan Sukasada.” Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha 6(3). doi: 10.23887/jjpg.v6i3.20700.

Rifai, Hamdi, Yohandri Yohandri, Dewi Puspa Sari, and Wenda Emafri. 2019. “Pengintegrasian Wahana Permainan Wisata Alam Ngarai Sianok Dan Wisata Buatan MiFan Water Park Padang Ke Dalam Materi Fisika.” JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP) 3(2):109–16. doi: 10.24036/jep/vol3-iss2/400.

Risnawati, I., I. Kaniawati, and R. Efendi. 2013. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Fisika Outdoor Dengan Menggunakan Modul Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Fluida Dinamis.” WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 1(1). doi: 10.17509/wapfi.v1i1.4895.

Susanti, Susanti. 2013. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Ctl Untuk Meminimalisir Miskonsepsi Fluida Dinamis.” JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 2(2):224–30. doi: 10.26740/jpps.v2n2.p224-230.

Yanti, Fitri April, Meri Andaria, Friska Octavia Rosa, and Siti Sarah. 2022. “Pemetaan Potensi Lokal Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu Untuk Pembelajaran IPA (SMP/MTs).” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 12(1):80–84. doi: 10.37630/jpm.v12i1.548


Refbacks

  • There are currently no refbacks.