Pembuatan “Ular Tangga Fisika” Dengan Menggunakan Pendekatan Computational Thinking

Kharisma Nopyyana

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk: 1) Menjelaskan langkah-langkah pembuatan media pembelajaran “Ular Tangga” pada materi Pemanasan Global dengan menggunakan pendekatan Computational Thinking. 2) Menjelaskan spesifikasi media pembelajaran “Ular Tangga” pada materi pemanasan global dengan menggunakan pendekatan Computational Thinking. 3) Menjelaskan validasi ahli dari media pembelajaran ular tangga pada materi pemanasan global dengan menggunakan pendekatan Computational Thinking. Media pembelajaran ini dibuat dengan beberapa tahap yaitu : (1) tahap persiapan yaitu dengan melakukan perancangan desain awal, penyusunan konsep; (2) tahap pembuatan yaitu membuat media pembelajaran fisika menggunakan aplikasi canva dan Microsoft Word;  (3) tahap penyelesaian yaitu penilaian media pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi media pembelajaran fisika yang dilakukan oleh penguji dapat disimpulkan bahwa media layak digunakan saat proses pembelajaran karena memenuhi aspek materi, media, dan bahasa dengan hasil skor validasi media sebesar 94 dari skor maksimum ideal 100 yang berkriteria sangat baik dengan tetap memperhatikan saran, masukan, dan catatan penguji di lembar validasi.


Keywords


Media Pembelajaran Ular Tangga; Computational Thinking; Pemanasan Global

Full Text:

PDF

References


Aida, L. N., Maryam, D., Agami, S. D., & Fuwaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43-44.

Amin, A., & Sulistiyono, S. (2021). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 29. https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33436

Hartuti, P. M. (2015). 234982-Peran-Konsep-Diri-Minat-Dan-Kebiasaan-Be-73C5Cebe. 5(2), 91–99.

Hidayat, E. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Sekolah (Pengaruh Dari Faktor Kinerja Mengajar Guru Dan Pemanfaatan Sumber Belajar). Jurnal Administrasi Pendidikan, 21(1), 81–88.

Kawuri, K. R., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2019). Penerapan

Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(2), 116–121. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/38623

La Dode, W. E., Wondal, R., & Mahmud, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Kelompok B Paud Barunawati Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(2), 37–43. https://doi.org/10.33387/cp.v4i2.5183

Zega, Y. K. (2022). Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Jurnal Apokalupsis, 13(1), 70–92. https://doi.org/10.52849/apokalupsis.v13i1.41


Refbacks

  • There are currently no refbacks.