STEM Integration Barriers and Pedagogy's Relationship with STEM: Literature Review

Vivi Mardian, Didi Teguh Chandra

Abstract


Integrasi STEM dalam pembelajaran tidak berjalan dengan baik sehingga perlu dikaji lebih dalam terkait hambatan guru dalam implementasi STEM di sekolah. Implementasi STEM berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang sering disebut kompetensi pedagogi guru. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan hambatan-hambatan yang sering ditemui guru dalam mengajarkan STEM dan memberikan gambaran hubungan antara pedagogi dengan STEM. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa hambatan guru dalam menerapkan pembelajaran STEM ada tiga yakni: fasilitas sekolah yang belum lengkap, pengetahuan guru itu sendiri yang masih kurang mengenai STEM dan waktu mengajar guru yang masih terbatas. Guru perlu memahami hubungan antara pedagogi dengan STEM yang saling berkaiatan satu sama lainnya.


Keywords


Integrasi STEM, Pedagogi, STEM

Full Text:

PDF

References


Arani, M. R. S., Gao, Y., Wang, L., Shibata, Y., Lin, Y., Kuno, H., & Chichibu, T. (2023). From “content” to “competence”: A cross-cultural analysis of pedagogical praxis in a Chinese science lesson. Prospects, 1-19.

Candra, N. K., Jeanny, C., Setiawan, M., & Ahmad, N. (2023). Analisis Tantangan Guru IPA SMP di Indonesia dalam Menerapkan Pembelajaran IPA Terintegrasi STEM. FKIP e-PROCEEDING, 111-115.

Chen, L., Yoshimatsu, N., Goda, Y., Okubo, F., Taniguchi, Y., Oi, M., ... & Yamada, M. (2019). Direction of collaborative problem solving-based STEM learning by learning analytics approach. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14, 1-28.

Daryanes, F., Triana, A., Fadhilah, F., & Aini, A. Q. (2022). Analisis Pendidikan di Suku Melayu Kelurahan Gading Sari Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun Kepulauan Riau. Jurnal Sinestesia, 12(1), 9-18.

Deák, C., Kumar, B., Szabó, I., Nagy, G., & Szentesi, S. (2021). Evolution of new approaches in pedagogy and STEM with inquiry-based learning and post-pandemic scenarios. Education Sciences, 11(7), 319.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10-15.

Kanipes, M. I., Tang, G., Spencer-Maor, F. E., Wilson-Kennedy, Z. S., & Byrd, G. S. (2019). Advancing STEM by Transforming Pedagogy and Institutional Teaching and Learning: The Creation of a STEM Center of Excellence for Active Learning. In Broadening Participation in STEM. Emerald Publishing Limited.

Kidman, J., Yen, C. F., & Abrams, E. (2013). Indigenous Students ‘experiences of The Hidden Curriculum in Science Education: A Cross-National Study in New Zealand and Taiwan. International Journal of Science and Mathematics Education, 11, 43-64.

Kim, D., & Bolger, M. (2017). Analysis of Korean elementary pre-service teachers’ changing attitudes about integrated STEAM pedagogy through developing lesson plans. International Journal of Science and Mathematics Education, 15, 587-605.

Lathif, Y. F., Sudarmin, S., & Hartono, H. (2019). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Berpendekatan STEM-R Berbantuan Sholawat Sains. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 943-949).

Lin, C. L., & Tsai, C. Y. (2021). The effect of a pedagogical STEAM model on students’ project competence and learning motivation. Journal of Science Education and Technology, 30(1), 112-124.

Nuragnia, B., & Usman, H. (2021). Pembelajaran STEAM di sekolah dasar: Implementasi dan tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 187-197.

Psycharis, S. (2016). The impact of computational experiment and formative assessment in inquiry-based teaching and learning approach in STEM education. Journal of Science Education and Technology, 25, 316-326.

Rahmaniar, A. (2020). Perceptions of The Indonesia National Curriculum in Relation to Integrated Stem Education at The High School Level. Illinois State University.

Top, L. M., Schoonraad, S. A., & Otero, V. K. (2018). Development of pedagogical knowledge among learning assistants. International journal of STEM education, 5, 1-18.

Wachidah, K., & Wulandari, F. E. (2014). Mitos Kesempatan Sama dan Reproduksi Kesenjangan Sosial: Gambaran Nyata Kesenjangan Sosial dalam Pendidikan terhadap Anak-anak Petani Tambak Pinggiran Sidoarjo. SOCIETY, 5(1), 87-98.

Wilson, K. (2021). Exploring the challenges and enablers of implementing a STEM project-based learning programme in a diverse junior secondary context. International Journal of Science and Mathematics Education, 19(5), 881-897.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.