Kemampuan Adaptasi dan Kreativitas Calon Guru Fisika dalam Transformasi dan Inovasi Pembelajaran di Era Digital

Andista Candra Yusro

Abstract


Pekembangan jaman menuntut perubahan mendasar dalam aktivitas pembelajaran dikelas khususnya dalam pelajaran fisika. Melakukan transformasi pembelajaran dengan penekanan kepada pengalaman pembelajaran secara langsung yang melibatkan siswa aktif berbasis ICT hendaknya menjadi prioritas guru fisika masadepan. Kemampuan adaptasi terkait dengan lingkungan pembelajaran (sekolah), aturan pemerintah, diharapkan mulai dapat dilatih dari bangku kuliah. Aspek kreativitas dalam mengemas pembelajaran fisika yang menarik dan menyenangkan hendaknya dikedepankan dalam rangka merubah stigma pembelajaran fisika yang menakutkan dan membosankan. Tahapan melatih keterampilan dan kemampuan pedagogik di perkuliahan hendaknya dibarengi dengan semangat untuk terus belajar dengan membekali calon guru fisika dengan keterampilan ICT dan berpikir kritis.


Keywords


Calon guru fisika; kemampuan adaptasi; kreativitas; transformasi dan inovasi pembelajaran; era digital

Full Text:

PDF

References


Azmanita, Y., & Festiyed, F. (2019). Analisis Kebutuhan Media untuk Pengembangan E-Book Tema Abrasi pada Pembelajaran Fisika Era 4.0. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/viewFile/107416/102846

GTK, D. (2022). Kurikulum Merdeka sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun. 2022 s.d. 2024:. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Hidayati, A. F., & Puspitarini, I. D. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis VBA (Visual Basic Application) dalam Excel pada materi hukum II Newton. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF),

Ilmi, A. M. (2020). Pengembangan Media Belajar Fisika Berbasis Tpack Menggunakan Visual Basic For Application dan Spreadsheet Excel untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Sikap Ilmiah Siswa SMA UNS (Sebelas Maret University)]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/82180/NDQ4MTYy/Pengembangan-Media-Belajar-Fisika-Berbasis-Tpack-Menggunakan-Visual-Basic-For-Application-dan-Spreadsheet-Excel-untuk-Memberdayakan-Kemampuan-Berpikir-Tingkat-Tinggi-dan-Sikap-Ilmiah-Siswa-SMA-abstrak.pdf

Islahudin, I., & Soeharto, S. (2020). Improving Students’ Conceptual Mastery on Digital Circuit Topic Using Electronics Workbench Software. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(1), 8-16.

Mafudi, I., & Handhika, J. (2021). Virtual Laboratory: Using Electronic Workbench as Alternative Learning Physics in Covid-19 Mass Pandemic. Impulse: Journal of Research and Innovation in Physics Education, 1(1), 42-49. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/impulse/article/download/4160/2119

Major, L. E., Eyles, A., & Machin, S. (2020). Generation COVID: Emerging Work and Education Inequalities. A CEP COVID-19 Analysis. Paper No. 011. Centre for Economic Performance.

Mufaridah, F., Yono, T., Ikhtiar, M. F., & Raharjo, P. (2022). Kreatifitas Guru Mendesain Pembelajaran: Kajian Fenomenologi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(2), 176-184. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/download/1031/789

Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50. https://doi.org/ https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Ni’mah, F., & Amani, R. S. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS VBA PADA POKOK BAHASAN ASAS BLACK: CERMINAN IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR. Prosiding Seminar Nasional LP3M,

Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H., & Ali, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 95-103. https://www.ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/download/2461/1335

Oktarina, R., Ambiyar, A., Giatman, M., Fadhilah, F., Muskhir, M., & Effendi, H. (2021). The Effect of The Use of Multimedia Flip Book With the Flipped Classroom Approach in Vocational School. Journal of Education Technology, 5(1), 159-166. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/download/31435/18457

Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, Nomor 56/M/2022 Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (2022).

Praja, M. J. I., & Saputra, R. S. (2022). Seven Segment Display Circuit Simulation using Electronics Workbench. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research, 2(2), 49-58. https://journal.rescollacomm.com/index.php/ijeer/article/download/286/225

Purwadi, S. (2017). Panduan Implementasi Keterampilan Abad 21. Kurikulum 2013 di SMA. Dit. PSMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah KEMDIKBUD.

Rahma, A. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Virtual Lab Phet Sebagai Media Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 47-51. https://ptik.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/download/808/741

Ramadani, E. M., & Nana, N. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA: Literature Review. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(1). https://www.ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/download/2461/1335

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi interaktif dalam proses pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10-14. https://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/download/103/252

Sakhowati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Di Sma Pgri 1 Kelas Xi Ipa 1 Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 6(1), 46-52. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/download/418/436

Saputra, I. G. P. E., Sejati, A. E., & Nurazmi, N. (2021). Development of virtual laboratory system using ewb and zoom cloud in dynamic electricity practicum as a learning solution in the covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(3), 262-272. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/download/6066/4280

Saputra, R., Susilawati, S., & Verawati, N. N. S. P. (2020). Pengaruh penggunaan media simulasi phet (physics education technology) terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 110-115.

Sari, A. N., Yuniar, N. S., & Rohmah, S. N. (2022). Inovasi Teknologi Pendidikan berupa Media Pembelajaran Fisika Berbasis VBA pada Materi Vektor. SNHRP, 514-520. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/355/299

Simangunsong, Y. P., Denny, Y. R., & Utami, I. S. (2020). Pengembangan Media Flipbook Fisika Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Untuk Siswa Sma Kelas X. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/sendikfi/article/viewFile/9702/6776

Swandi, A., Rahmadhanningsih, S., Viridi, S., Nurhayati, N., Putri, R. A., & Suryadi, A. (2021). Simulasi gerak translasi dan gerak melingkar menggunakan vba macro excel melalui project based learning (PBL). JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(1), 33-42.

Yulaika, N. F., Harti, H., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67-76. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpeka/article/download/7877/4096

Yusro, A. C. (2019). Kemampuan Calon guru fisika dalam penguasan TIK dan media pembelajaran berbasis ICT di Era Revolusi Industri 4.0. SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika),


Refbacks

  • There are currently no refbacks.