The Effect Of Phet Simulation-Based Guided Inquiry Learning Model On Students' Learning Outcomes On Vibration And Waves In Class VIII Smp St. Paul Abepura Academic Year 2021/2022

Hermanus Niyerdang, Auldry F Walukow, Albert Lumbu

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Di Kelas VIII Smp St. Paulus Abepura Tahun Ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajar Inquiry terbimbing berbasis simulasi PhET pada materi getaran dan gelombang, hubungan antara model pembelajaran Inquiry terbimbing berbasis simulasi PhET terhadap hasil belajar peserta didik, dan pengaruh penerapan model model pembelajaran Inquiry terbimbing berbasis simulasi PhET terhadap hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII H dan kelas VIII I SMP St. Paulus Abepura. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Paradigma penelitian ini adalah paradigma sederhana dengan satu variabel independen dan satu variabel dependen. Pengambilan data digunakan dengan menggunakan instrument test dan non test. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai N-gain seluruh konsep peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry terbimbing berbasis simulasi PhET yaitu sebesar 0,55 dengan kategori sedang, untuk kelas konvensional yaitu senilai 0,12 dengan kategori rendah. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Inquiry berbasis simulasi PhET. Terdapat hubungan yang lemah antara model pembelajaran Inquiry terbimbing berbasis simulasi PhET terhadap hasil belajar, dan terdapat pengaruh anatar model pemebelajaran Inquiry terbimbing terhadap hasil belajar yaitu dengan nilai sig. 0,026 < 0,05. 


Keywords


Model pembelajaran Inquiri terbimbing; hasil belajar peserta didik; konsep getaran dan gelombang

Full Text:

PDF

References


Anggraini. N. D, A. P. (2018). Pengaruh Model Inquiry Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Usaha Dan Energikelas X IPA SMAN 3 BENGKULU TENGAH. JURNAL Pendidikan Fisika.

Fitri. (2018). Pengaruh PBL Dan Motivasi Belajar Terhadap Penguasaan Konsep IPA Fisika Melalui Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Jayapura Pada Pokok Bahasan Tekanan Zat Cair . Proposal Skripsi.

Helmianti. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta.

Hamsir. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN 1 Turatea Kabupaten Jeneponto. Jurnal.

Lestari, K. D. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. bandung.

Magdalena. I, S. N. (2021) Analisis Instrumen Tes Sebagai Alat Evaluasi Pada Mata Pelajaran ISBD Siswa Kelas II SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol. III, No. 2.

Nurdyansyah, F. E. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo.

Nurfausiah, S. (2016). Pengaru Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisiska Kelas IX MTs Madani Alauddin Pao-pao . Jurna Pendidikan Fisika vol. IV.

Nugroho, F. P. (2018). Pengembangan Media Komik Bergambar Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Negri Sumberbendo 3 Kabupaten Tulung Agung. Skripsi.

Retno. A. (2010). Pengaruh Model Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pembelajaran Kinetik Gerak Lurus. Skripsi.

Rizaldi. R. D, A. W. (2020). Simulasi Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal.

Sari, M. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMP. Jurnal. Pendidikan Fisika VOL. 05, No. 02.

Sucianti, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Metode Eksperimen Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik. Skripsi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Puantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Dan R & D) Bandung: Alfabeta

Sukma, L. k. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajarfisika Siswa SMAN 11 Samarinda Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Vol.18 No. 1.

Suryana, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Tekanan Zat Cair Mata Pelajaran Ipa Fisiska Kelas 8 Smp Pembangunan V Yapis Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi.

Susilawati, N. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Vol. 1, No. 1.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tri. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Momentum Dan Impuls Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah Jayapura. Skripsi.

Tajo, N. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbasis Metode Eks Perimen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 8smp Negeri 11 Jayapura Pada Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang. Skripsi.

Wahyuni. R, H. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPAN SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. II, No. 4.

Yuniar. E, A. H. (2015). Penerapan Media Simulasi Menggunakan Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Sma Muhammadiyah Limbung. Jurnal Pendidikan Fisika.

Zulmi. A. F, A. I.(2020). Pengembangan LKPD Berekstensi EPUB Berbasis Discoveri Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.