Effectiveness of Application of Problem Based Learning Model on Student Learning Outcomes on the Subject of Solid and Liquid Pressure

Elisabet P. Nengei, Florentina Maria Panda, Auldry F. Walukouw

Abstract


Penelitian ini telah dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, perbedaan hasil belajar, dan peningkatan efektifitas model PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental, dengan bentuk desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Jayapura pada tahun ajaran 2021/2022. Populasinya adalah 151 peserta didik kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII (A) dan VIII (F) dengan jumlah sampel 30. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis N-Gain. Hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh (1) Terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 0.57 yang termasuk dalam kategori sedang. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar pada konsep tekanan zat cair dengan nilai sig. 0.033 dan 0.034 artinya Ho ditolak, dan tidak terdapat perbedaan hasil belajar pada pokok bahasan tekanan zat padat dengan nilai sig. 0.704 yang artinya Ha diterima. (3)Terdapat peningkatan efektivitas penerapan model PBL tehadap hail belajar dengan nilai ES sebesar 0.22 sehingga dapat di simpulkan bahwa model PBL sudah efektif ketika di terapkan di kelas.

Keywords


Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Hanif, M. (2011). Studi Media Dan Budaya Populer Dalam Perspektif Modernisme dan Postmodernisme. KOMUNIKA, 5(2), 235-251.

Ifrianti, S. (2015). Implementasi Metode Bermain Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL,

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa SD Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. PENDIDIKAN DASAR.

Permadi, D. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran PACE Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI. TADRIS MATEMATIKA.

Priyanto, E. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Ipa Pada Siswa Kelas Vii Smpn 2 Cikarang Barat Kabupaten Bekasi Melalui Metode Diskusi Di Semester 1 Tahun 2018/2019. PENDIDIKAN DASAR.

Radia, R. S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tema 6 Dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Cebongan 02 Salatiga. TEMATIK.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa Dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smp Di Depok. SAP,

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 016 . Pendidikan Matematika,

Yulianto, D. dkk. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.