Profil of Student’s Misconceptions on the material of Straight Motion Using Four Tier Diagnostic Test

Milisa Triastutik, Agus Budiyono

Abstract


Miskonsepsi adalah pemahaman keliru dengan pemahaman konsep yang di sepakati oleh ilmuwan sebelumnya dan di yakini benar oleh siswa. Miskonsepsi dapat menghambat siswa dalam memahami konsep yang sebenarnya. Identifikasi miskonsepsi penting dilakukan sebagai langkah awal untuk mengatasi miskonsepsi yang dialami siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat miskonsepsi siswa dengan menggunakan four tier diagnostic test pada materi gerak lurus. Sasaran dari penelitian ini yaitu 66 siswa kelas X MIPA MA. Miftahul Ulum Bettet. Instrumen penelitian berupa 10 butir soal four tier diagnostic test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata miskonsepsi siswa sebesar 35.75% (kategori sedang), siswa yang tidak paham konsep sebesar 50.75%, dan siswa yang paham konsep 11.67%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat di simpulkan bahwa tingkat miskonsepsi yang di alami oleh siswa MA. Miftahul Ulum Bettet berada pada kategori sedang.


Keywords


miskonsepsi; gerak lurus; four tier diagnostic test

Full Text:

PDF

References


Agustina, P. A., & Lesmono, A. D. (2017). Pembelajaran Fisika di SMA Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pembelajaran Fisika, 196–202.

Artiawati, P. R., Muliyani, R., & Kurniawan, Y. (2018). Identifikasi Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier-Test Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (Glbb). Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 5–7.

Astuti, F., Redjeki, T., & Nurhayati, N. D. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Dan Penyebabnya Pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016 Pada Materi Pokok Stoikiometri. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 10–17.

Denda, N., Nur, L., & Lalu, J. (2019). Analisis Miskonsepsi Menggunakan Teknik Modifikasi Certainty Of Response Index dalam Pembelajaran Tentang Kingdom Plantae dan Animalia pada Siswa di Kelas X IPA SMAN 1 Pringgabaya Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia.

Handayani, N. D., Astutik, S., & Lesmono, A. D. (2107). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Pada Materi Hukum Termodinamika Di SMA Bondowoso. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember, 190.

Ismail, Indah, I., Samsudin, A., Suhendi, E., & Kaniawati. (2015). Diagnostik Miskonsepsi Melalui Listrik Dinamis Four Tier Test. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains.

Jayanti, D. N. D., & Susantini, E. (2021). Misconception Profile of Senior High School Students in Animal Kingdom Using Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test. BioEdu.

Jumini, S., Retyanto, B., & Budiono. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Fisika Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak.

Leoni, L., Maison, M., & Muslim, M. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Four-Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Operasi Bentuk Akar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.284

Munawaroh, R., & Setyarsih, W. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Penyebabnya pada Materi Alat Optik Menggunakan Three-tier Multiple Choice Diagnostic Test. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 05.

Nuraini, N. R. A. (2018). Profil Miskonsepsi Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Menggunakan Tes Diagnostik Empat Tahap Dengan Computer Based Test Untuk SMA Kelas X Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Oktavia, V. E., & Admoko, S. (2019). Penggunaan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 540–543.

Puspitasari, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Prodict-Oberve-Explain) dengan Teknik Probing Prompting Terhadap Penguasaan konsep Gerak Lurus.

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika SMA MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 168–174.

Rahayu, A. S. (2020, August 19). Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema Lingkunganku Kelas Ii Di Mi Negeri 11 Blitar [Skripsi]. IAIN Tulungagung. https://doi.org/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Suparno. (2013). Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Gramedia Widiarsana.

Suparno. (2015). Miskonsepsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. PT.Grasindo.

Suryanti, E., Fitriani, A., Refjeki, S., & Riandi. (2019). Identifikasi Kesulitan Mahasiswa dalam Pembelajaran Biologi Molekuler Berstrategi Modified Free Inquiry. Prespektif Pendidikan DanKeguruan.

Triastutik, M., Budiyono, A., & Diraya, I. (2021). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GERAK LURUS MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC

TEST. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 61–72. https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.13533


Refbacks

  • There are currently no refbacks.