Development of Electronic Student Worksheet based on Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi) on Temperature and Heat topic for XI Grade of SMA PIRI 1 Yogyakarta

Fransiska Eldawati Oda, Widodo Budhi, Daimul Hasanah

Abstract


Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Keterbatasan bahan ajar akan memberikan hasil yang kurang optimal dalam sebuah pembelajaran., Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi). Dengan kemajuan teknologi, LKPD dikembangakan dalam bentuk elektronik yang disebut dengan E-LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD fisika Berbasis Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi) pada materi suhu dan kalor, mengetahui kelayakan E-LKPD, serta mengetahui respon peserta didik terhadap E-LKPD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, mengadopsi model penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono, dengan menggunakan lima tahapan. Instrumen yang digunakan antara lain lembar observasi, lembar wawancara, angket penilaian kelayakan E-LKPD, dan angket respon peserta didik terhadap E-LKPD.Teknik analisis data yang digunakan adalah Statistik Aiken’s V dan statistika deskriptif (persentase frekuensi). Berdasarkan hasil analisis      kelayakan E-LKPD fisika diperoleh hasil skor rata-rata 0,93 dengan kategori tinggi. Hasil analisis respon peserta didik terhadap uji keterbacaan diperoleh nilai rata-rata sebesar 63% pada kategori sangat setuju dan 37% pada kategori setuju. Berdasarkan hasil tersebut maka E-LKPD fisika yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar fisika untuk materi suhu dan kalor di sekolah

Keywords


E-LKPD Fisika; Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi); Suhu dan Kalor

Full Text:

PDF

References


Purwanto, J., Hasanah, D., & Syafaat, F.Y. (2017). Efektivitas Starter Experiment Approach (SEA) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik pada Pelajaran Fisika Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(2), 74-80.

Samudra, G. B., I. W. Suastra., K. Suma. (2014). Permasalahan-permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1).

Bashar. (2004). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasanah, D., & Prihatni, Y. (2016, October). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Potensi Lokal Kerajinan Gerabah Kasongan Yogyakarta Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS).

Yutia, N., Sumardi, Y., & Hasanah, D. (2021). Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 2 Bantul. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 2(1), 1-8.

Wahyuni, N., & Sunarto. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pokok Bahasan Fluida Statis Kelas X1 SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG). 2(1), 1-7.

Tunga, M. F., Sumardi, Y., Hasanah, D. (2021). The Development of Electronic Student Worksheet with Project Based Learning on Direct Current Circuit Topic for XII Grade of SMA Negeri 1 Sedayu Students. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 8(1), 34-41.

Purwanto, J., Azizah, M., & Hasanah, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multiple Intelligences (SW-MI) pada Materi Fluida untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA/MA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 28-35.

Prihatni, Y. (2014, November). Pendekatan Saintifik dalam Ajaran Ki Hadjar Dewantara. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains.

Nisa, A. F., Hidayati. (2015, October). The Implementation of Ki Hadjar Dewantara Teachings in Learning Science to Build Scientific Attitude of Student of Primary Teacher Eduacation. In Proceeding of International Seminar on Science Education.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasanah, D. (2017). Ki Hadjar Dewantara Philosophy of Education in Tamansiswa Physics Learning. Jurnal International Confrence on Education, 1(1).

Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.