The Development of Electronic Student Worksheet Based on Problem Based Learning on Straight Motion Topic for X Grade of SMA Negeri 1 Sedayu

Angelfitya Opem, Yuli Prihatni, Daimul Hasanah

Abstract


Keberhasilan peserta didik dalam belajar pada umumnya diukur dari target KKM yang telah ditentukan. Tuntutan pencapaian target KKM memberikan dampak yang besar terhadap rendahnya hasil belajar peserta didik. Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan karena peserta didik hanya terpaku padahasil belajar yang menyebabkan peserta didik tidak mampu untuk memahami konsep materi secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD fisika dan mengetahui kelayakan serta respon peserta didik terhadap E-LKPD pada materi gerak lurus kelas X SMA Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development yang berpedoman dari desain penelitian dan pengembangan ADDIE dan disederhanakan menjadi (Analysis, Design, Development, dan Evaluation). Instrumen penelitian berupa angket penilaian kelayakan E-LKPD dan angket respon peserta didik terhadap E-LKPD. Teknik analisis data yang digunakan antara lain indeks Aiken’s V dan statistika deskriptif. Berdasarkan hasil analisis penilaian kelayakan E-LKPD diperoleh bahwa persentase rata-rata keseluruhan sebesar 0,88% yang termasuk dalam kategori “Tinggi” dan hasil analisis respon peserta didik terhadap E-LKPD tersebut memperoleh persentase rata-rata keseluruhan sebesar 81% yang termasuk dalam kategori “Baik”. Berdasarkan hasil tersebut maka E-LKPD fisika ini dapat dinyatakan layak dan berkualitas sehingga dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar fisika dalam proses pembelajaran terkhususnya pada materi gerak lurus.

Keywords


E-LKPD Fisika; Problem Based Learning; Gerak Lurus

Full Text:

PDF

References


Hasanah Daimul & Yuli Prihatni. (2016). “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Potensi Lokal Kerajinan Gerabah Kasongan Yogyakarta Pada Materi Usaha dan Energi Untu Siswa SMA”. Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS).

Purwanto J., & Meida A., D. H. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multiple Intelligences (SW-MI) pada Materi Fluida untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA/MA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 8(1), 29.

Kemble, E. (1996). “ Physical Science, Its Stucture andd Development”. Messachusetts: The M.I.T. http://ww.docs.google.com (Diakses pada 31 Mei 2022 23:53 WIB).

Rahayu, H., Joko, P., & Daimul Hasanah. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON (Vol.4 Nomor 1).

Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). "Laporan Hasil Ujian Nasional" https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/. Pusat Penilaian Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Diakses pada 22 September 2021 11.45 WIB.)

Warti, Y., & Hurriyah. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Gelombang Elektromagnetik Untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA". Natural Science Journal, 5(1), 766– 774.

Hamza, Amir (2019). “Metode Penelitian & Pengembangan Reseach & Development Uji Coba Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil” Sampang, Literasi Nusantara, 1.

I Made, I Nyoman, J & Ketut, P (2014). "Model Penelitian dan Pengembangan". (Yogyakarta: Graha Ilmu). h. 42.

Tung, K. Y. (2017). Desain Instruksional Perandingan Model dan Implementasinya. (Andi: Jakarta).

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas, Edisi 4. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131-142.

https://doi.org/10.1177/0013164485451012.

Anas Sudjono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Arifin, Zaenal. (2017). Kriteria Instrumen dalam Suatu Penelitian”. Jurnal THEOREMS (The Originl Reseach of Mathematics), 2(1), 34.

Annafi, N., Ashadi., & Sri M. (2015). “Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA”. Jurnal Inkuiri 4(3),25


Refbacks

  • There are currently no refbacks.