Kesalahan Siswa dan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Rangkaian Listrik Sederhana: Studi Pemahaman Terhadap Hukum Ohm, dan Hukum I & II Kirchhoff

Muhamad Davikul Ilham, Erawan Kurniadi, Farida Huriawati

Abstract


Kesulitan belajar dapat diartikan sebagai suatu kondisi dalam suatu proses balajar yang ditandai adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. Kesulitan tersebut dapat dilihat dari kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik ketika menyelesaikan suatu masalah atau dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini mengungkap kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal rangkaian listrik sederhana sebagai dasar dalam menentukan prediksi letak kesulitan. Responden penelitian sebanyak 7 siswa kelas X jurusan TKJ pada salah satu SMK di Kabupaten Madiun dan 4 mahasiswa jurusan pendidikan fisika. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes uraian sejumlah 3 soal yang telah divalidasi oleh 5 validator ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMK lebih banyak mengalami kesalahan. Siswa maupun mahasiswa mayoritas hanya hafal representasi hukum ohm, hukum I dan II Kirchhoff dalam bentuk persamaan matematis saja, akan tetapi tidak faham penggunaan persamaan tersebut dalam penyelesaian soal. Kesalahan-kesalahan pada siswa maupun mahasiswa saat menyelesaikan soal rangkaian listrik sederhana menggunakan hukum Ohm, hukum I dan II Kirchhoff secara rinci disajikan dalam hasil dan pembahasan artikel ini.


Keywords


Rangkaian listrik sederhana; Hukum ohm; Hukum I dan II Kirchhoff

Full Text:

PDF

References


Atiqoh, K. S. N. (2019) “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar,” ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(1), hal. 63–73. doi: 10.15408/ajme.v1i1.11687.

Darsa, D. Y., Nasir, M. dan Rusydi (2020) “Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kalor Menggunakan Teori Polya di SMA Negeri 3 Banda Aceh Dinda,” Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 2019(2), hal. 5–10.

Fatahillah, A., Wati, Y. F. dan Susanto (2017) “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan,” Jurnal Kadikma, 8(1), hal. 40–51.

Hidayatulloh, A. (2020) “Analisis Kesulitan Belajar Fisika Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Dalam Penyelesaian Soal – Soal Fisika,” Kappa Journal, 4(1), hal. 69–75. doi: 10.29408/kpj.v4i1.1636.

Ma’rifah, E., Parno dan Mufti, N. (2017) “IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR,” 1, hal. 134–144.

Nofitasari, I. dan Sihombing, Y. (2017) “Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik Dan Faktor Penyebabnya Dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X Sma Negeri 2 Bengkayang,” Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 7(1), hal. 44. doi: 10.26740/jpfa.v7n1.p44-53.

Parks, J. E. (2007) “` Ohm ’ s Law III -- Resistors in Series and Parallel,” Department of Physics and Astronomy 401 Nielsen Physics Building The University of Tennessee Knoxville, Tennessee 37996-1200, hal. 1–18.

Rahmat, A., Tandililing, E. dan Oktavianty, E. (2017) “Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi hukum kirchoff di SMAN 1 Meranti,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(10), hal. 2–16.

Setyani, nita depit (2017) Inkuiri Bebas Termodifikasi Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Multipel Representasi. Universitas sebelas maret.

Siregar, L. N. K. (2017) “Korelasi Pemahaman Konsep Aljabar dengan Hasil Belajar Matematika,” Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 7(1), hal. 22–33. Tersedia pada: http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/154/134.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.