Penerapan Model Learning Cycle 7E dalam Pembelajaran Fisika dengan Bantuan Google Sites

Hanesya Ayudhita, Tantri Mayasari, Farida Huriawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 7E agar siswa belajar secara aktif mengkonstruksi pengetahuan pada pembelajaran Fisika dengan bantuan Google Sites. Pada observasi awal pembelajaran di masa pandemi  sebelumnya, siswa mengalami banyak tantangan belajar yang menyebabkan munculnya berbagai kendala belajar sehingga pembelajaran yang dilakukan kurang bermakna. Oleh karena itu, penerapan model learning cycle 7E dalam penelitian ini diharapkan  mampu memberikan solusi untuk menciptakan pembelajaran dengan siswa berperan aktif, serta pembelajaran menjadi lebih bermakna dengan menjalankan setiap tahapan atau fase pada model. Model learning cycle 7E merupakan model pembelajaran yang berbasis konstruktivisme yang terdiri dari tujuh tahapan atau fase, berupa fase elicit, fase engage, fase explore, fase explain, fase elaborate, fase evaluate, dan fase extend. Pada penelitian ini, pembelajaran Fisika pada materi Momentum dan Impuls dibantu dengan menggunakan Google Sites untuk pemberian soal pre-test dan post-test kepada siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Serta terdapat angket penilaian afektif untuk siswa, yang juga disusun berdasarkan model pembelajaran learning cycle 7E.


Keywords


Learning Cycle 7E; Konstruktivisme; Fisika; Google Sites

Full Text:

PDF

References


Adilah, Nur Dina; Budiharti, Rina. (2015). Model Learning Cycle 7E Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Vol. 6, No. 1. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pedidikan Fisika (SNFPF).

Adnyani, Widya I. G. A. A.; Pujani, N. M.; Juniartina, Prima P. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Vol. 1, No. 2. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia.

Eisenkraft, A. (2003). The Science Teacher. Arlington: National Science Teacher Association (NSTA).

Hanum, Latifah; Harnisah, Hulfa; Ismayani, Ade. (2020). Implementasi Model Learning Cycle 7E Pada Pembelajaran Konsep Laju reaksi Vol. 8, No. 2.

Indrawati, Weny; Suyanto; Rahayu, Yuni Sri. (2015). Implementasi Model Learning Cycle 7E Pada Pembelajaran Kimia Dengan Materi Pokok Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Vol. 5, No. 1.

Izzati, Lihar Raudina; Sutopo; Chrisnawati, Henny Ekana. (2016). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Kelas Peminatan XI MIA 3 Semester 2 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. 760-776.

Joyce, B., & Weil, M. (1986). Models of Teaching. New Jersey: Prentice Hall.

Lukitasari, Marheny; Handhika, Jeffry; Murtafiah, Wasilatul. (2021). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Melalui Digital argumentation (PBM-DA). Jawa Timur: AE Media Grafika.

Musdalifah, A., & Taqwa. (2017). Efektivitas Model Learning Cycle 7E (LC 7E) Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Vol. 2, No. 2. Journal of Islamic Education Management, 176-186.

Setyawan, H. (2020). Modul Pembelajaran SMA Fisika.

Sumiyati, Yeti; Sujana, Atep; Djuanda, Dadan. (2016). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Proses Daur Air Vol. 1, No. 1. Jurnal Pena Ilmiah.

Zahra, Fatma; Hasan, M.; Safitri, Rini. (2017). Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Buku Saku Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Vol. 5, No. 1. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 134-139.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.