Model Probing Prompting disertai Praktikum Pada Pembelajaran Fisika

Enno Putri Millenia, Tantri Mayasari, Mislan Sasono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dalam mengatasi permasalahan pembelajaran akibat terjadinya pandemi dengan penerapan model probing prompting disertai praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan observasi awal, kegiatan pembelajaran selama pandemi mengalami banyak perubahan yang menyebabkan siswa kurang memahami materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran lebih banyak berpusat pada guru. Penerapan model probing prompting ini memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat berperan aktif dalam setiap tahap pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Model probing prompting ini terdiri dari 6 tahapan berupa, penyajian masalah, perumusan jawaban, pengajuan persoalan, perumusan jawaban, pemaparan jawaban, pengajuan pertanyaan akhir. Untuk pelaksanaan model probing prompting pada pembelajaran fisika ini disertai dengan kegiatan praktikum sederhana yang dapat dilakukan oleh siswa.


Keywords


Probing prompting; Praktikum

Full Text:

PDF

References


Covid, M. P. (2020). Jurnal Utile IMPLEMENTASI DAN HAMBATAN PADA PEMBELAJARAN DARING DI. VI, 220–225.

Elvandari, H., & Supardi, K. I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Active Learning Untuk Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1), 1651–1660.

Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Jurnal Teknologi Pendidikan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 22(1), 65–70.

Nisa, U. M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Journal Biology Education, 14(1), 62–68.

Sueni, N. M. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran. Wacana Saraswati, 19(2), 1–16. Retrieved from https://jurnal.ikipsaraswati.ac.id/index.php/wacanasaraswati/article/view/35

Trisna, N., & Ariani, T. (2019). Model Direct Instruction Dengan Teknik Probing Prompting : Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(1), 24–37. https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i1.310


Refbacks

  • There are currently no refbacks.