PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MESIN STIRLING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP HUKUM TERMODINAMIKA II PADA SISWA KELAS XI SMA

Dwi Nilam Sari, Jeffry Handhika, Erawan Kurniadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi hukum termodinamika dua melalui media pembelajaran alat peraga mesin stirling sederhana. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Karangjati dengan jumlah delapan siswa di kelas XI IPA yang dilakukan secara online dikarenakan adanya Pandemi COVID’19 yang mengharuskan untuk sosial distancing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model ADDIE dengan tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket kebutuhan siswa, angket respon siswa, dan tes soal pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) media alat peraga mesin stirling dikembangkan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analyze, design, development, dan evaluation. 2) alat peraga mesin stirling yang dikembangkan telah melalui proses validasi dengan nilai CVR dan CVI sebesar 1 yang artinya media layak dan sangat sesuai untuk uji coba lapangan, 3) implementasi alat peraga mesin stirling sederhana dalam pembelajaran dapat meningkatkan konsep siswa pada materi termodinamika dibuktikan dengan hasil rata-rata Normalized Gain sebesar 0,71.


Keywords


Alat Peraga Mesin Stirling, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Al-Fikri, H. I. (2014). Analisis Pembangkit Listrik Dengan Generator Stirling. Jurnal Teknik Elektro, 1(1).

Cahyo, V., Saputro, E., Admoko, S., & Surabaya, U. N. (2019). Pengembangan Alat Peraga Mesin Carnot Sebagai Media Pembelajaran Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 08(02), 716–721.

Dwi Nilam Sari, T. M. (2019). Identifikasi Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Pada Materi Termodinamika. Madiun.

Evalina, N., Putro, B., & Zulfikar. (2020). Analisis Karakteristik Pembangkit Listrik Hot Air Stirling Engine Dengan Bahan Bakar Metanol. Jurnal Teknik Elektro, 2(2), 89–94.

Rahmat, Karmiadji, & Djoko. (2019). Pengembangan Mesin Stirling Tipe Gamma Sebagai Tenaga Penggerak Kipas Angin. Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin, 9(1), 28–36. https://doi.org/10.35814/teknobiz.v9i1.887

Religia, R., & Achmadi, H. R. (2017). Pengembangan KIT Sederhana Stirling Engine pada Materi Termodinamika sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 06(03), 113–119.

Zayyinun, A. (2020). Prototipe Mesin Stirling Menggunakan Panas Sinar Matahari Sebagai Energi Alternatif. Jurnal Teknik Elektro, 09(02), 459–466.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.