Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKS Materi Usaha dan Pesawat sederhana: Dampak Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Sri Wahyuni, Hadma Yuliani, Nur Inayah Syar

Abstract


Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana motivasi menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (2) terdapat tidaknya peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen. Desain penelitian menggunakan one-group pretest-posttest design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas VIII A di MTs Hidayatul Insan Palangka Raya pada bulan September 2020. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi dan tes hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian diperoleh: (1) Nilai rata-rata motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing materi usaha dan pesawat sederhana sebesar 71 (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model inkuiri terbimbing materi usaha dan pesawat sederhana dengan nilai rata-rata pretest sebesar 21,9, posttest sebesar 77,5, gain sebesar 55,5, dan N-gain sebesar 0,71 yaitu kategori tinggi.


Keywords


Model Inkuiri Terbimbing, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto S, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiasa, K., & Nyeneng, I. D. P. (2013). Perbandingan Metode Inkuiri Terbimbing dan Bebas Termodifikasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2).

Dewayanti, M. S., Yuniastuti, A., & Prasetyo, A. P. B. (2015). Pengaruh Model Guided Inquiry Berbantuan Fishbone Diagram Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Biology Education, 4(2).

Dimyati, Mudjiono belajar dan pembelajaran,Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2015.

Halimah, S. N., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. (2015). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(3), 997-1010.

Hanafiah, Nanang, Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran,Bandung: PT. Refika Aditama, 2009.

Ika, J., Sumarti, S. S., & Widodo, A. T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Koloid. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 49-58.

Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 150-160.

Kustijono, R., & HM, E. W. (2014). Pandangan guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran fisika SMK di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 1-14.

Maretasari, E., & Subali, B. (2012). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap ilmiah siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(2).

Natalina, M., & Yusuf, Y. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII7 SMP Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2012/2013. BIOGENESIS (Jurnal Pendidikan Sains dan Biologi), 9(2), 28-38.

Nurrokhmah, I. E., & Sunarto, W. (2013). Pengaruh penerapan virtual labs berbasis inkuiri terhadap hasil belajar kimia. Chemistry in Education, 2(2).

Rahmani, R., Halim, A., & Jalil, Z. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 3(1), 158-168.

Rahmawati, R., Hasan, M., & Gani, A. (2014). Meningkatan Motivasi Dan Penguasaan Konsep Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Larutan Asam Basa Dengan Metoda Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 2(1), 65-74.

ROEWIJADI, R., & SIREGAR, T. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(3), 31-43.

Sadirman A.M, 2014, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sefriyan, D., & Coesamin, M. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 1(1).

Seh, A., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2018). PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMP KRISTEN 4 SALATIGA. WAHANA DIDAKTIKA, 16(2), 116-130.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sukardi, 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sulisthia, P. S., Wiarta, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2014). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Animasi Komputer Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SD Negeri 2 Manukaya Tahun Pelajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Utami, W. D., Dasna, I. W., & Sulistina, O. (2013). Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Penelitian Pendidikan FKIP Universitas Negeri Malang, 4(2), 190-198.

Wahyudi, L. E., & Supardi, Z. A. (2013). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan kalor untuk melatihkan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar di SMAN 1 Sumenep. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2).

Yasniati, Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2), 1-9.

Yuniastuti, E. (2013). Peningkatan keterampilan proses, motivasi, dan hasil belajar biologi dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Jurnal penelitian pendidikan, 13(1).

Zani, R., Adlim, A., & Safitri, R. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi fluida statis untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 56-63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.