Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis eXe-Learning Sebagai Penunjang Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor

Sepriadi Sepriadi, Mukhlis Rohmadi, Nur Inayah Syar

Abstract


Penggunaan media sangat diperlukan dalam proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan  dengan wawancara bersama guru fisika kelas XI di SMAN-1 Mentaya Hulu diperoleh informasi, fasilitas e-learning pada sekolah tersebut sudah ada akan tetapi belum dimanfaatkan secara optimal. Sehingga dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil media yang dikembangkan, mengetahui hasil validasi, serta mengetahui tanggapan guru dan siswa. Metode penelitian ini adalah R & D dengan model Dick and Carey yang terdiri atas 9 tahapan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Profil media ini terdiri atas bagian cover, pendahuluan, materi pembelajaran, dan penutup. 2) Hasil validasi ahli media diperoleh persentase 67% dengan kriteria cukup baik dan cukup layak digunakan dan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 85,3% dengan kriteria sangat baik dan sangat layak digunakan. 3) Tanggapan guru terhadap produk pengembangan ini sangat positif serta respon siswa sebesar 86,58% dengan kriteria sangat baik. Sehingga media pembelajaran ini dapat digunakan dalam pembelajaran


Keywords


media pembelajaran, eXe-Learning, Suhu dan Kalor

Full Text:

PDF

References


Adri, M. (2007). Pemanfaatan Internet sebagai sumber pembelajaran. IlmuKomputer. com.[Diakses Januari 2013].

Azizah, S, Khuzaemah, E., & Lesmanawati, I. R. (2017). Penggunaan Media Internet eXe-Learning Berbasis Masalah pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 197-213.

Fauziah, F. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Menggunakan Exe (E-Learning XHTML Editor) Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas VIII SMPN 3 Kuningan (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).

Kurniasari, I. (2018). Pengembangan E-Module Berbasis Exe-Learning Bercirikan Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Peserta Didik Kelas VIII (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Lisyanti. 2019. Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Exe-Learning Pada Siswa SMP Kelas VII. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: UIN Raden Lampung.

Qomariyah, A. N. (2009). Perilaku penggunaan internet pada kalangan remaja di perkotaan. Universitas Airlangga Surabaya.

Ramlan., Haeruddin., Kamaluddin. Pengembangan Media Pembelajaran E-Materi Dengan Model Pembelajaran Bebasis Masalah Pada Materi Suhu Dan Kalor, JPFT Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, (Online), 1(2), 12-17, (http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/2388, diakses pada 10 Juni 2020)

Ruseffendi, H. E. T. "Perkembangan pendidikan matematika." (2014): 1-40.

Sudrajat, A. (2008). Media pembelajaran. On Line at http://akhmadsudrajat. wordpress. com [diunduh tanggal 9 Agustus 2019].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.