Pengaruh Penerapan Modul Fisika Berbasis Oasis Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa

Rena Apriliana Wati, Jeffry Handhika, Farida Huriawati

Abstract


Penelitian ini bertujuanĀ  untuk mengembangkan modul fisika berbasis OASIS yang
layak untuk dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi elastisitas. Penelitian
dilakukan pada semester 8 dengan jumlah 6 siswa X MB di SMK Gamaliel 1 Madiun.
Penelitian dilakukan dengan model 4D, yang meliputi define (pendefinisian), design
(perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Pengumpulan
data menggunakan soal tes. Hasil validasi kelayakan instrumen menggunakan CVR
dan CVI, sedangkan untuk melihat peningkatannya menggunakan N-Gain. Hasil
validasi CVR dan CVI oleh para ahli sebesar 1 dengan kategori sangat sesuai. Hasil
respon siswa mendapat persentase 80,1% dengan kategori baik. Hasil peningkatan
kreativitas dengan uji N-Gain sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa modul fisika berbasis OASIS dapat meningkatkan kreativitas
siswa di kelas X MB SMK Gamaliel 1 Madiun.

Keywords


Modul, OASIS, Kreativitas

Full Text:

PDF

References


Aji, S. D., Rismawati, A. Y., & Hudha, M. N. (2017). Pengembanagan Modul

Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan

Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal , 36-51.

Assriyanto, K. E. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui

Metode Eksperimen Dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Kreativitas Siswa

Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA N 2 Sukoharjo Tahun Ajaran

/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) , 3, 91.

Deta, U. (2013). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Dan Proyek, Kreativitas, Serta

Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal

Pendidikan Fisika Indonesia , 9, 32.

Fauziah, N. I. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem

Based Learning untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Peserta

Didik SMA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Festiana, I. (2013). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Masalah Pada Materi Listrik

Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal

Inkuiri , 3, 38.

Handhika, J. (2018). Panduan Model Dengan Langkah OASIS Untuk Meningkatkan

Level Konsepsi. Madiun.

Kharida, L. A., Rusilowati, A., & Pratiknyo, K. (2009). Penerapan Model Pembelajaran

Berbasis Masalah untuk peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok

Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia , 5, 83-89.

Novianto, N. K. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA

BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) PADA MATERI

FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA

KELAS X SMA/ MA. Jurnal Inkuiri , 7, 82.

Nurlaila, N. (2013). Pembelajaran Fisika Dengan PBL Menggunakan Problem Solving

Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis

Siswa. Jurnal Inkuiri , 2, 115.

Prastuti, M. M., Sukarmin, & Aminah, N. S. (2018). Pengembangan Modul Fisika

Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan

Kreativitas Siswa Pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Jurnal Pendidikan

IPA , 168-181.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di

Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen (Vol. xii).

Yogyakarta: Deepublish.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran (1 ed., Vol. xviii). Yogyakarta: Deepublish.

Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis

Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa.

Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) , 75-88.

Susilo, F., Sunarno, W., & Suparmi. (2016). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model

Jigsaw Dan GI (Group Investigation) Ditinjau Dari Kreativitas Dan Sikap Ilmiah

Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri , 40-48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.