Application of Discovery Learning Model Assisted Worksheets on Heat Material and Its Transfer: Impact of Critical Thinking Ability and Student Learning Outcomes

Rara meida putri, Hadma Yuliani, Nur Inayah Syar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan berpikir kritis siswa setelah menerima penerapan model discovery learning LKS pada materi kalor dan perpindahannya (2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerima penerapan model discovery learning LKS pada materi kalor dan perpindahannya. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan rancangan desain one-group pretest-posttest design. Teknik Pengambilan sampel yaitu Purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Instrumen tes yang digunakan tes berpikir kritis dan tes hasil belajar dalam bentuk essay. Objek penelitian kali ini adalah siswa kelas VIIA semester I MTs Hidayatul Insan Palangkaraya Tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 20 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh: terdapat  peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model Discovery Learning diperoleh N-gain sebesar 0,64 dengan  kategori sedang (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model  Discovery Learning diperoleh N-gain sebesar 0,60 dengan kategori sedang.


Keywords


metode eksperimen, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Kalor dan Perpindahannya

Full Text:

PDF

References


Amyani, E. S., Ansori, I., & Irawati, S. (2018). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 15-20.

Gustika, R., Sakti, I., & Putri, D. H. (2018). Implementasi model pembelajaran penemuan (discovery learning model) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar fisika di SMAN 3 Bengkulu Tengah. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1 April), 1-6.

Herman, T. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa Kelas V Sekolah Dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 140-151.

Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1(1), 21-24.

Kartikasari, D., Medriati, R., & Purwanto, A. (2018). Penerapan Discovery Learning Model dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Kalor dan Perpindahan Kalor. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2 Agustus), 1-7.

Khofiyah, H. N., & Santoso, A. (2019). Pengaruh model discovery learning berbantuan media benda nyata terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 61-67.

Kinasih, M. E., Jalmo, T., & Yolida, B. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(10).

Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 073-082.

M. Husnah, (2017) Hubungan Tingkat Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Journal of Physics and science Learning, Vol 1, No. 2.

Mentari, W., & Achmad, A. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(6).

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23-29.

Nurbayani, A., Manzilatusifa, U., & Silitonga, A. B. (2015). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 1(1).

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5-10.

Prani, A. I. E. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Interactive Demonstration. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 1(1), 1-4.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Rahayu, R. D. Y., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 8-13.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Rosdiana, R., Boleng, D. T., & Susilo, S. (2017). Pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap efektivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1060-1064.

Sopia, D., Sadeli, D., & Herdhiana, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 3(2).

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2).

Fenti Hikmawari,(2017). Metodologi Penelitian, Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Hamalik Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara.

Ngalium, dkk. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Penerbit Pustaka Banua.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Sy dan Syaodih, Erliany. (2012). Kurikulum Dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung : PT Refika Aditama.

Yaumi, Muhammad. (2014). Pendidikan Karakter : Landasan, Pilar, Dan Implementasi. Jakarta : Kencana Prenanda Media Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.