Kendala Mahasiswa Dalam Menggunakan Simulasi Virtual Phet Pada Pembelajaran Praktikum Gelombang Selama Pandemi Covid-19

Rani Yatin Ulfah, Hadma Yuliani, Luvia Ranggi Nastiti

Abstract


Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi system pendidikan. Pembelajaran tatap muka dialihkan ke sistem pembelajaran daring salah satunya pembelajaran fisika. Pada pembelajaran fisika simulasi PhET digunakan agar konsep dapat tersampaikan dengan baik. Meskipun demikian, penggunaan simulasi virtual memiliki kekurangan yang mengakibatkan adanya kendala. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan kendala  mahasiswa dalam menggunakan simulasi virtual PhET pada pembelajaran praktikum gelombang selama pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang terbatas pada tahap define. Subjek penelitian adalah mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya terdiri atas 20 orang. Angket berbasis online digunakan sebagai instrument penelitian. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala mahasiswa dalam menggunakan simulasi virtual PhET pada pembelajaran praktikum gelombang sebesar 23,53% berasal dari dosen/pembimbing, 41,18% dari program simulasi virtual PhET, dan 35,29% dari mahasiswa. Kendala bersumber dari dosen/pembimbing meliputi pelatihan (67%) dan penerapan (37%) simulasi virtual PhET. Panduan (50%), fitur (30%), akses (15%), dan bahasa (5%) merupakan kendala dari program simulasi virtual PhET . Sedangkan kendala berasal dari mahasiswa meliputi simulasi virtual PhET (85%) dan konsep gelombang (15%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala mahasiswa dalam pembelajaran praktikum gelombang menggunakan simulasi PhET selama masa pandemi Covid-19 signifikan.


Keywords


Kendala Mahasiswa, PhET, Praktikum Gelombang, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Dian, R. A. U. K., dkk. (2020). Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinetesia, 10(1), 42-48.

Yulita, P. 2020. Dampak Positif Pembelajaran Online dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Pasca Pandemi Covid-19. ‘Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, 4(1), 49-56.

Albitar, S. S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia METALINGUA, 5(1), 31-34.

Gusty, dkk. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Semarang: Yayasan Kita Menulis.

Aan H, dkk. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi Covid1-19. Jurnal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M).

Rafiq, B. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Palu Selama Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran matematika dan Sains, 1(1), 1-9.

Rinaldo, A. P., & Inne, M. P. (2019). Hasil Belajar Sejarah Indonesia Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is A Teacher Here Berdasarkan Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Sosial, 6(1), 20-31.

Suyido, M. N., & Leny Y. (2016) Keterlaksanaan Model Scientific Creativity Learning (SCL) untuk Melatihkan Kreativitas Ilmiah Mahasiswa dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional II Masif II Tahun 2016, 263-268.

Muhammad, R. A. K., & Euis, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Autoplay Media Studio pada Materi Gelombang Elektromagnetik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(1), 121-126.

Eka, S., & Luluk, S. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Secara Daring terhadap Pemahaman Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 121-128

Rivo, A. K., Mochammad, R. R., & Dinar, M. F. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran PhET berbasis Virtual Lab pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 19-28.

Cicyn, R. (2019). Studi Penggunaan PhET Interactive Simulation dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71-75.

Teguh, B. R. E. S., Muhammad, N., & Tarzan, P. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan PhET untuk melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Journal of Science Education and Practice, 1(1), 20-31.

Yoga, B. B., Irnin, A. D. A., & Dasmo, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru melaui Pelatihan PhET Simulation bagi Guru MGMP Fisika Kabupaten Serang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat J-ABDIPAMAS, 3(2), 55-62.

Muhammad, S. Z. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) Menggunakan PhET Simulation untuk Menurunkan Miskonsepsi Siswa Kelas XI Ppada Materi Fluida Statis di SMAN Kesamben Jombang. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JPF), 1(1), 103-107.

Jounne, M. S., Muslimin, I., & Tjipto, P. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(1), 25-36.

Egidiuas D. (2020) Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fsika. Prosiding Seminar Nasional Rekarta 2020: Menciptakan Inovasi Pendidik Menuju Kemandirian Bangsa di Era 5.0. 141-154.

Sundari. (2017) Pengembangan Panduan Praktikum IPA SMP Berbasis Model Collaborate Teamwork Learning. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 47-58.

Isnaini, A. (2020). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk megoptimalkan Hands On Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 24-28.

Oki, P., & Harjito. (2019). Pengembangan Panduan Praktikum Virtual Larutan Penyangga untuk Menunjang Pelaksanaan Praktikum Nyata. Journal of Chemistry in Education, 8(2), 1-8.

Perkins, K., dkk. (2006). PhET: Interactive Simulations fir Teching and Learning Physics. Journal of The Physics Teacher, 44(1), 18-23.

Price, M. A. (2014) How Do and Why Do High School Teachers Use PhET Interactive Simulation?.Proceedings of The 2014 Physics Education Research Conference

Fadil, A., Neset, I., & Oliver, Z. (2014). Real Experiments versus PhET Simulation for Better High School Students’ Understanding of Electrostatic Charging. European Journal of Physics Education, 5(1), 59-70.

Supurwoko, dkk. (2017). Virtual Lab Experiments: Physics Education Technology (PhET) Photo Electric Effect for Senior High School International. Journal of Science and Applied Science: Conf Series, 2(1), 381-386.

Masril & Hidayati. M. (2018). Rancangan Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Eksakta Pendidkan (JEP), 2(1), 71-77.

Elisa, S., Ainun, M. & Rizky, A. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika dan Aktivitas Mahasiswa melalui PhET Simulation. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1), 15-20.

Ni, N. S. P. V., dkk. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis LKM Ceria untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Lensa, 5(1), 18-22.

Antomi, S. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantun dengan Memanfaatkan Media PhET Simulation dan LKM melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidika Fisika Al-Biruni, 5(1), 53-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.