AYUNAN SEDERHANA BERBASIS BAHAN DAUR ULANG SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN COVID - 19

Putri Wahyu Lestari, Anastansya Lora Febria, Hanesya Ayudhita, Innal Mafudi

Abstract


Dimasa pandemic covid-19 saat ini pemerintah menerapkan social distancing atau pembatasan social secara berskala yang mengakibatkan pelaksanaan pembelajaran dilakukan dirumah secara daring (study from home). Hal tersebut dinilai kurang efektif  dalam pembelajaran praktikum.  Oleh karena itu, perlu adanya alternatif pembelajaran praktikum salah satunya dengan memanfaatkan bahan daur ulang. Materi yang digunakan adalah gerak harmonik.  Telah dilakukan eksperimen ayunan sederhana dengan tujuan mengetahui hubungan antara massa beban, sudut simpangan awal, dan panjang tali terhadap periode dan frekuensi serta menentukan percepatan gravitasi bumi. Pada praktikum ini digunakan berbagai alat dan bahan yakni pipa, botol bekas, benang, batu, penggaris, stopwatch hp, aplikasi weight scale, dan kardus bekas. Percobaan dilakukan tiga kali dengan variasi massa beban, sudut simpangan awal, dan panjang tali dengan lima kali ayunan. Dari hasil eksperimen diketahui bahwa massa benda tidak mempengaruhi periode dan frekuensi sedangkan panjang tali dan besar sudut simpangan awal berbanding lurus dengan periode dan berbanding terbalik dengan frekuensi.

 


Keywords


Covid-19, Gerak Harmonik, Daur Ulang, Ayunan Sederhana

Full Text:

PDF

References


Bevington, P. & Robinson, D. K. (2003). Data Reduction And Error Analysis For The Physical Sciences. New York: McGraw-Hill.

Chusni, M. M. (2017). Penentuan Besar Percepatan Gravitasi Bumi Menggunakan Ayunan Matematis Dengan Berbagai Metode Pengukuran. Scientiae Education : Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 47 - 53.

Hardianti, D dkk. (2017). Persepsi Kader PKK Tentang Dur Ulang Limbah Plastik Berbasis Home Industry di Desa Cilame Kabupaten Bandung Barat. Jurnal FamilyEdu, 3(2), 73 - 79.

Khotimah, K dkk. (2011). Ayunan Sederhana : Pengaruh Panjang Tali, Sudut Awal, dan Massa Bandul Terhadap Periode serta Menentukan Redaman. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Sains, (hal. 74 - 77).

Paul A. Tipler. (1998). Fisika Untuk Sains dan Teknik Edidi Ketiga Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Serway R.A and Jewett J.W. (2009). Fisika uUntuk Sains dan Teknik Edisi VI Jilid I. Jakarta: Penerbit Salemba Teknik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.