Design Of The Collision Teaching Aid with Ultrasonic HC-SR04 Sensor Based on Multirepresentation

Nurul Tri Rahayu, Siska Desy Fatmaryanti, Umi Pratiwi

Abstract


Tumbukan dua buah benda merupakan salah satu konsep fisika yang membutuhkan visualisasi dan kemampuan representasi yang baik. Alat peraga tumbukan berbasis mikrokontroller hingga saat ini belum banyak dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini untuk membuat suatu desain alat peraga tumbukan menggunakan sensor Ultrasonik HC-SR04 berbasis multirepresentasi sebagai alternatif peraga dalam pembelajaran fisika yang disertai dengan panduan dan petunjuk penggunaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi 2 langkah pada model pengembangan 4D; yaitu pada tahapan pendefinisian (Define) dan tahap perancangan (Design). Adapun instrumen yang digunakan berupa tabel pengamatan kecepatan benda, momentum benda, koefisien restitusi benda, dan lembar validasi alat peraga maupun panduan penggunaan. Berdasarkan hasil penelitian, telah dihasilkan desain alat peraga tumbukan, buku panduan percobaan, buku petunjuk penggunaan alat, serta soal berbasis multirepresentasi. Alat peraga yang didesain diharapkan dapat dilanjutkan sampai tahap development dan deseminate pada penelitian selanjutnya.


Keywords


umbukan, Momentum, Ultrasonik HC-SR04, Multirepresentasi

Full Text:

PDF

References


Fatmaryanti, S. D., & Nugraha, D. A. (2019, February). Using Multiple Representations Model to Enhance Student’s Understanding in Magnetic Field Direction Concepts.In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1153, No. 1, p. 012147). IOP Publishing.

Fatmaryanti, S. D., & Sarwanto, S. (2015). Profil Kemampuan Representasi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 1(1), 20-22.

Finnajah, M., Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. (2016). Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Multi Representasi Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Prembun Tahun Ajaran 2015/2016. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 8(1), 22-27.

Firmando, P., Fakhruddin, F., & Syahril, S.(2016). Efektivitas Penerapan Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Multirepresentasi terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Cahaya Kelas VIII di SMPN 12 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Nurfadilah, N., Ishafit, I., Herawati, R., & Nurulia, E. (2019). Pengembangan Panduan Eksperimen Fisika Menggunakan Smarthphone dengan Aplikasi Phyphox Pada Materi Tumbukan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(2), 101-107.

Prihartanti, D., Yuliati, L., & Wisodo, H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Konsep Impuls, Momentum, dan Teorema Impuls Momentum. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1149-1159.

Rohmanu, A., & Widiyanto, D. (2018). Sistem Sensor Jarak Aman Pada Mobil Berbasis Mikrokontroller Arduino ATMEGA328. Jurnal Informatika SIMANTIK, 3(1), 7-14.

Tms, H., & Sirait, J. (2016). Representations Based Physics Instruction to Enhance Students’ Problem Solving. American Journal of Educational Research, 5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.