PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI GERAK MELINGKAR

Muhammad Archi Firdaus, Purwandari Purwandari, Andista Candra Yusro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Lembar Kerja Siswa berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) dalam materi gerak melingkar untuk kelas X SMA. Metode ini menggunakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli media. Penelitian dilakukan dengan cara meminta validasi oleh 3 ahli materi (guru fisika) dan 2 ahli media (asisten lab dan guru SMK). Kemudian dilakukan pengolahan data dengan hasil ahli materi 73,7 % dan ahli media 73,6 % dengan kriteria penilaian valid. Lembar Kerja Siswa dapat digunajan dengan catatan perbaikan Lembar Kerja Siswa dengan saran dari ahli materi dan ahli media.

 


Keywords


Media Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, High Order Thinking Skills, dan Gerak Melingkar

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada. Azizah, Zayyana Fatati. (2018). Validasi Preliminary Product Fung-Cube pada pembelajaran fungi untuk siswa SMA. Jurnal Bioedutika Vol 6 No 1 , 19.

Lesmana, Dimas Adi. (2016). Identifikasi Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sma Menggunakan Instrumen Two-Tier Test Pada Mata Pelajaran Fisika. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Rohati, Rizky Dezricha. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas Xii Sma. Jurnal Sainmatika Vol 8 No 1 , 98.

Sadiman. (1996). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siswanto, Joko. (2019). Mempersiapkan Society 5.0 melalui Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika V , 2.

Wulandari Fitriani, F. B. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Fisika Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill) Siswa Sma. Jurna Wahana Pendidikan Fisika Vol 2 No 1 , 38


Refbacks

  • There are currently no refbacks.