Pengaruh Penerapan Modul Fisika Berbasis OASIS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Kholishah Kholishah, Jeffry Handhika, Andista Candra Yusro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan modul fisika berbasis model OASIS pada materi momentum, impuls dan tumbukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMK Gamaliel 1 Madiun tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa dan tes soal kemampuan berpikir kreatif. Hasil menunjukkan bahwa siswa memberikan respon yang baik dengan rata-rata 69,92 dan modul pembelajaran memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dengan hasil N-gain 0,41 dengan kategori sedang. Dengan hasil N-gain masingmasing  indikator adalah kelancaran sebesar 0,25 dengan kategori rendah, keluwesan sebesar 0,58 dengan kategori sedang, orisinal sebesar 0,40 dengan kategori sedang, dan merinci sebesar 0,37 dengan kategori sedang.


Keywords


Modul, OASIS, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Full Text:

PDF

References


Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan Modul Fisika STEM Terintegrasi Kearifan Lokal “Beduk” Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. CV Mitra Karya.

Festiana, I., Sarwanto, & Sukarmin. (2014). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Masalah Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Inkuiri, 3, 36–47.

Filsaime, D. K., & ME, S. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Prestasi Pustakaraya.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Handhika, J. (2018). Panduan Model Dengan Langkah OASIS Untuk Meningkatkan Level Konsepsi. Azyan.

Munandar, U. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Purwanto, M. N. (2006). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.