Pengaruh Penerapan Modul Fisika Berbasis Oasis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Annisa Ayu Permata Sidiq, Jeffry Handhika, Erawan Kurniadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis Oasis Pada materi  teori kinetik gas yang layak untuk di implementasikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui penilaian validator dan respon siswa serta guru. Pengembangan modul pembelajaran ini menggunakan model R&D dan menggunakan model ADDIE menggunakan 5 tahapan yaitu : analisis(analisa), desaign  (perancangan), development (pengembangan), implementation (implemetasi/ ekseskusi), evaluation (evalusi/ umpan balik). Desain uji coba produk pengembangan dalam penelitian ini yaitu validasi ahli, uji kelas kecil, dan uji kelas terbatas. Keefektifan modul terhadap kemampuan berpikir siswa dianalisis menggunakan N-Gain. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan modul pembelajaran berbasis OASIS meliputi analisis ujung depan, analisis siswa, analisis materi, pembuatan instrumen, penentuan format, perancangan modul, validasi ahli, uji kelas kecil dan uji kelas terbatas; 2) Hasil penilaian yang dilakukan oleh validator terhadap produk pengembangan menunjukkan persentase kelayakan modul sebesar 70% dengan interpretasi layak. Hal ini menunjukkan bahwa produk pengembangan mempunyai kualitas “baik”; 3) Modul pembelajaran berbasis OASIS cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hasil kemampuan berpikir siswa ketika dilakukan uji kelas terbatas diperoleh N-Gain sebesar 0,64 dengan kriteria sedang.


Keywords


modul pembelajaran, OASIS, kemampuan berpikir tingkat tinggi

Full Text:

PDF

References


Arisanto, Iwan., Agus Suyudi, & liayulianti. 2013. Pengembangan Bahan Ajar integratif

untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran fisika kelas x sma materi optik. malang. tidak diterbitkan.

Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. 2001. KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN, DAN ASESMEN : Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Translated by Prihantoro, A. 2010. Yogyakarta: pustaka Pelajar.

Dharma, Surya. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, PMPTK

Gunawan, A. W. 2003. Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lewy., Zulkardi, & Nyimas Aisyah. 2009. Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Bilangan Di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, volume 3 No.2

Lissa, A.P.B. Pasetyo, D.R. Indriyanti. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Materi Sistem Respirasi dan Ekskresi. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, LIK 41(1)(2012) Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang, ISSN 0216-0847. Tersedia dihttp://download.portalgaruda.org/article.php?article=137128&val=5681


Refbacks

  • There are currently no refbacks.