Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Science Environment Technology and Society (Sets) Materi Hukum Newton

Agung Setiadi, Purwandari Purwandari, Mislan Sasono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Lembar Kerja Siswa
berbasis Science Environment Technology and Society (Sets) dalam materi hukum Newton untuk kelas X SMA. Metode ini menggunakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D). penelitan ini dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli materi dan ahli media.penelitian dilakukan dengan cara meminta validai oleh 3 ahli materi (guru fisika) dan 2 ahli media (asisten lab dan guru SMK). Kemudian  dilakukan pengolahan data dengan hasil ahli materi  73,3 % dan dari lembar validasi
media didapatkan 73,6% dengan keriteria penilaian valid. Lembar Kerja Siswa  dapat
digunakan dengan catatan perbaikan  Lembar Kerja Siswa dengan saran dari ahli materi
dan ahli media

.


Keywords


Media Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, Science Environment Technology Society, dan hukum Newton.

Full Text:

PDF

References


Azizah, Z. F. (2018). Validasi Preliminary Product Fung-Cube pada pembelajaran fungi untuk siswa SMA. Jurnal Bioedutika Vol 6 No 1 , 19.

Binadja, A. (2006). Pedoman Pengembangan Silabus Bervisi dan Berpendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) atau (Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat) Bahan Pembelajaran Penerbitan Khusus Media MIPA UNNES. Semarang: Laboratorium SETS. Universitas Negeri Semarang.

Darmodjo, H., & Kaligis, J. R. (1992). Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud. Pegawai, T. P. (2016). Modul 04 : Pemanfaatan Media Pembelajaran. Depok: Pusdiklat Pegawai Kemendikbud.

Sadjati, I. M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Hakikat Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Setyo Eko Atmojo, A. R. (2018). Buku Model Pembelajaran Kebencanaan Berbasis Science, Environment, Technology and Society (SETS) dalam Mitigasi, Adaptasi, dan Responsibility Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: UPY Press.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D) . Bandung: CV ALDABETA .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.