Analisis Respon Siswa terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning

Adelia Maya Puspa Dewi, Tantri Mayasari, Andista Candra Yusro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap model Problem Based Learning (PBL) sebagai metode dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa SMAN 2 Mejayan yang berjumlah 32 siswa. Siswa diberikan angket respon melalui google formulir. Respon siswa dapat dikatakan memiliki respon yang positif terhadap pembelajaran PBL ini apabila dilihat dari ketiga aspek yang diberikan memiliki presentase diatas 60% dimana hal tersebut menandakan bahwa siswa merasa senang, tertarik, dan berminat dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model PBL ini. Hasil penelitian didapat respon positif siswa sebesar 77,81% sehingga dapat dikatakan tujuan pembelajaran telah tercapai dengan adanya model PBL ini.


Keywords


Respon Siswa, Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains

Full Text:

PDF

References


Aydogdu, M. (2014). A Research on Geometry Problem Solving Strategies Used by Elementary Teacher Candidates. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, 4(1), 53–62.

Dagun, S. . (1997). Kamus Besar Ilmu Pengetahuan, Lembaga pengkajian dan kebudayaan Nusantara. Jakarta.

Ekapti, R. F. (2016). RESPON SISWA DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU KONSEP TEKANAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Pena Sains.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. 1.

Simanjuntak, S. D., & Imelda, I. (2018). RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA. MES: Journal of Mathematics Education and Science. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.874


Refbacks

  • There are currently no refbacks.