Potensi Kesenian Tradisional Dongkrek Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Gelombang Bunyi
Abstract
Variabel yang dapat diukur secara langsung menggunakan aplikasi Sound Level Meter adalah taraf intensitas bunyi dan periode, sedangkan variabel yang tidak dapat diukur secara langsung adalah intensitas bunyi, energi gelombang, frekuensi, dan daya gelombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenian tradisional dongkrek berpotensi dalam pembelajaran fisika pada kegiatan: 1) eksperimen, 2) apersepsi, 3) maupun sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian komponen seni musik pada kesenian tradisional dongkre
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, S. D. (2017). Etnosains Dalam Membentuk Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerja
Ilmiah Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, III, 8.
Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan Modul Fisika
STEM Terintegrasi Kearifan Lokal “Beduk” untuk Meningkatkan Kemampuan
Berpikir Kreatif Siswa SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, VII, 2.
Astuti, I. D. (2016). Pengembangan Alat Eksperimen Cepat Rambat Bunyi Dalam
Medium Udara Dengan Menggunakan Metode Time Of Flight (Tof) Dan
Berbantuan Software Audacity. Unnes Physics Education Journal, V, 19. Budiarti, E. S. (2017). Potensi Budaya Bakar Batu Dalam Pembelajaran Fisika. Seminar
Nasional Pendidikan Fisika, III, 25.
Fatma, A. N., Damopolli, M., & Afiif, A. (2017). Pengaruh Pengondisian Gelombang Otak
Zona Alfa Pada. Lentera Pendidikan, XX, 137.
Fatmaryanti, S. D. (2017). Pengintegrasian Budaya Lokal Dengan Fisika Melalui
Pembelajaran Multi Representasi. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, III, 18-
Handhika, J. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal: Dalam Perspektif
Keilmuan Fisika. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 37.
Hanif, M. (2016). Kesenian Dongkrek (Studi Nilai Budaya Dan Potensinya Sebagai
Sumber Pendidikan Karakter). Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1, 133. Mayasari, T. (2017). Integrasi Budaya Indonesia Dengan Pendidikan Sains. Seminar
Nasional Pendidikan Fisika, III, 12.
Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional
Pendidikan Fisika, III, 82.
Nurmala, D., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2017). Inisiasi Pengembangan Modul STEM Fisika Terintegrasi Kearifan Lokal SMP Kelas VIII. Seminar Nasional
Pendidikan Fisika, III, 119.
Parmin, & Peniati, E. (2012). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar. Jurnal
Pendidikan IPA Indonesia, I, 9.
Rahmi, A., Yusrizal, & Maulana, I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Modul pada
Materi Hidrokarbon di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains
Indonesia, II, 13.
Rohmah, Z., Firdiani, Dewi, E. K., & Handhika, J. (2017). Pelestarian Tari Dongkrek
Sebagai Kesenian Khas Daerah Madiun Melalui Dongkrek Kreasi Dan Apersepsi Dalam Pembelajaran fisika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, III, 275.
Sofiyanudin, M. I. (2015). Musical Instrument Recognition Dengan Metode Mel Frequency Cepstral Coefficients (Mfcc) Dan Learning Vector Quantization (Lvq) Dalam Mengklasifikasikan Sumber Bunyi Pada Alat Musik.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Suhaeddy, D. F. (2017). Analisis Musik Kesenian Dongkrek Di Kecamatan Balerejo
Kabupaten Madiun. Jurnal Pendidikan Seni Musik, 6, 593.
Sulistiono, B. N. (2017). Model Strategi Promosi Kesenian Tradisional Dongkrek Sebagai
Upaya Optimalisasi Pelestarian Budaya Lokal Dalam Mewujudkan Ikon
Pariwisata Kabupaten Madiun. SOSIAL: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, 18,
Sulistiono, B., & Nurcahyati, Z. (2017). Model Strategi Promosi Kesenian Tradisional
Dongkrek Sebagai Upaya Optimalisasi Pelestarian Budaya Lokal
DalamMewujudkan Ikon Pariwisata Kabupaten Madiun. Sosial: Jurnal
Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, XVIII, 19.
Refbacks
- There are currently no refbacks.