Profil Kemampuan Analisis Siswa dalam Menggunakan Media Pembelajaran Gerak Melingkar Berbasis Mikrokontroler ESP32 Dengan Tampilan Android

Riskiyah Damayanti, Tantri Mayasari, Erawan Kurniadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan analisis dalam menggunakan media pembelajaran gerak melingkar berbasis mikrokontroler ESP32 dengan tampilan android. Penelitian ini dilakukan pada kelas X SMK Kota Madiun dengan jumlah 11 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model ADDIE dengan tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation).Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa dan tes soal kemampuan analisis. Hasil menunjukkan bahwa siswa memeberikan respon yang sangat baik dengan rata-rata 88,55 dan media pembelajaran memberikan pengaruh terhadap kemampuan analisis dibuktikan dengan hasil N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dengan masing-masing indikator kemampuan analisis memperoleh N-gain sebesar: a) membedakan sebesar 0,78, b) mengorganisasi sebesar 0,78 dengan kategori tinggi dan c) mengatritbusi sebesar 0,61 dengan kategori sedang dengan N-gain minimum sebesar 0,42 dengan kategori sedang dan N-gain maksimum sebesar 0,94 dengan kategori tinggi.

Keywords


Profil Kemampuan Analisis, Media Pembelajaran Gerak Melingkar, Mikrokontroler ESP32, Android

Full Text:

PDF

References


Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H. & Lukiati, B., 2017. Profil Ketrampilan Berpikir Analitis Mahasiswa Calon Guru IPA dalam Perkulihan Biologi Umum. Jurnal Penelitian Pendiidkan IPA, 2( 2527-7537 ), pp. 67-68.

Dyah, A., Herawati, S., Hadi, S. & Betty, L., 2017. Profil Kemapuan Berfikir Analisis Mahasiswa Calon Guru IPA Dalam Perkuliahan Biologi Umum. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2527-7537), p. 68

Falahudin, I., 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, Issue 2355-4118, p. 104.

Irawati, T. N. & Mahmudah, M., 2018. Pengembangan Instrumen Kemampuan Berfikir Analisis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Kadikma, Volume 9, p. 3 & 5.

Jahrudin, A., 2015. Perbandingan Alat peraga Antara Rotation Timer dengan Roda-Roda Fleksibel Pada Kemampuan Analisis Siswa Kelas X Konsep Gerak melingkar Beraturan. Jakarta: UIN Jakarta.

Noviansyah, M. I., Mursyid, S. & Judyanto, S., 2015. Pengaruh Pembelajaran Gerak Melingkar Beraturan Berbantu Alat Peraga Portable Board Terhadap Hasil Belajar.

Rini, S., Widha, S. & Haryono, 2010. Pembelajaran Kimia Menggunakan Siklus Belajar 5E dan Inkuiri Bebas Dimodifikasi Ditinjau Dari Kemampuan Befikir Analisis dan Kreativitas Siswa. Junal Inkuiri, I(2252-7893), p. 61.

Sitohang, H., 2016. Perancangan Media Pembelajaran Fisika Materi Konsep Termodinamika Dalam Mesin Kalor dan Sifat-Sifat Gas Ideal Monoatomik Untuk SMA Kelas XI IPA. Saintekom, Volume 6, p. 29


Refbacks

  • There are currently no refbacks.