Pengaruh Penerapan Modul Fisika Berbasis Setrada (Seni Tari Dan Drama) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK

Intan fatmawati, Jeffry Handhika, Erawan Kurniadi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen yang menggunakan metode single pretest posttest yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan modul fisika berbasis SETRADA (Seni Tari dan Drama) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Teknik analisis data menggunakan uji non parametrik yaitu uji Wilcoxon sign rank test. Subjek penelitian ini berjumlah 12 siswa dari kelas X TPMI SMK Gula Rajawali Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan mudul berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan uji Wilcoxon diperoleh informasi pada positif ranks bahwa ke 12 siswa yang diuji mengalami peningkatan pembelajaran setelah diberi treatment dengan perolehan rata-rata 6,50 dan sum 78,00.

Keywords


Modul, SETRADA, Kemampuan berpikir tingkat tinggi

Full Text:

PDF

References


Destiana, D. (2019, Januari 12). Pengaruh teknologi informasi berbasis android (Smartphone) dalam pendidikan industri 4.0. Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 190-197.

Fatmawati, I., Agustina, P. A., Sukesti, R., Khotimah, D. H., Denanti, I. A., & Handhika, J. (2018). Literacyreading setrada . ISOLEC Internasional Seminar on Language, Education, and Culture, 1-7.

Fatmawati, I., Firdiani, F., & Handhika, J. (2019). Analisis potensi modul bermuatan seni tari dan drama pada materi pelajaran di smk., (pp. 1-4).

Handhika, J. (2014). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal: dalam prespektif keilmuan fisika. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 2(1), 34-41.

Hidayanto, F., Sriyono, S., & Ngazizah, N. (2016, Oktober ). Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengoptimalkan Karakter Peserta Didik. RADIASI : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(1).

Huurun'ien, K. I., Efendi, A., & Tamrin, A. G. (2017, Juli). Evektivitas penggunaan e-learning berbasis schoology dengan menggunakan model discovery learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas x multimedia SMK Negeri 6 Surakarta pada tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, X(2), 36-46.

Jhoni, D. H., Hanesman, H., & Almasri, A. (2016, Desembwr). Kontribusi Motivasi dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMKN 2 Solok. VOTEKNIKA : Jurnal Ykasional Teknik Elektronila & Informatika, 4(2), 96-106.

Kusuma, M. D., Rosidin, U., Abdurrahman, A., & Suyatna, A. (2017, Jan-Feb). The Development of Higher Order Thingking Skill (Hots) Instrument Assesment In Physics Study. IOSR Jurnal of Research & Method in Education, 7(1), 26-32.

Marliani, N., Hasanuddin, H., & Nurmaliah, C. (2017, April). Pengaruh model pembelajaran Science, Tehcnologi, Society, Environment (STSE) terhadapketerampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di mas jeumala'amal. Jurnal EduBio Tropika, 5(1), 1-53.

Nugroho, R. A. (2018). Hots Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi : konsep, pembelajaran, penilaian dan soal-soal. (T. Y. Kurniawati, Ed.) Jakarta: Kompas Gramedia.

Prastiwi, A., Sriyono, S., & Nurhidayati, N. (2016). Pengembangan modul fisika berbasis masalah untuk meningkatkan High Order Thingking Skills (Hots) siswa SMA. RADIASI : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 1-6.

Puspitasari, Y. D., & Cahyanti, T. W. (2018). Pengembangan modul fisika dasar berbasis Scientific untuk meningkatkan Higher Order Thingking Skill (HOTS). Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 2(8), 65-72.

Rosdianto, H., Murdani, E., & Hendra, H. (2017, Juni). Implementasi model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi kuliah newton. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 55-59.

Sabar, S., & Maureen, M. (2013). Pengembangan Modul Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran untuk Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan FIP-UNESA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(2), 1-13.

Safitri, A. N., Subiki, S., & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan modul IPA berbasis kearifan lokal kopi pada pokok bahasan usaha dan energi di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 22-29.

Setyono, E. Y. (2015, Maret). Pengaruh penggunaan media jejaring sosial edmodo terhadap hasil belajar mahasiswa pada topik pembuatan kurva-s menggunakan Microsoft Excell. SOSHUM Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(1), 42-49.

Sungkono, S. (2009). Pengembangan dan pemanfaatan bahan ajar modul dalam proses pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran(1), 1-13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.