Program Studi Pendidikan Fisika, UIN Sunan Kalijaga

Ropian Mardiana, Winarti Winarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) profil pembelajaran fisika SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur, 2) profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur kelas XI pada materi gerak, gaya, usaha dan energi, momentum dan impuls. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada lima sekolah di Kabupaten Lombok Timur yaitu SMA N 1 Selong, SMA N 1 Sikur, SMA N 1 Sakra, SMA N 1 Keruak, dan SMA N 1 Jerowaru. Pengambilan data yang digunakan untuk mengetahui profil pembelajarn fisika yaitu dengan melakukan kegiatan observasi, melakukan kegiatan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika, pemberian angket kepada siswa, serta studi dokumentasi. Sedangkan untuk mengetahui profil HOTS siswa dengan cara memberikan masalah fisika kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) diketahui intraksi pembelajaran yang sering terjadi adalah satu arah, dimana proses pembelajaran hanya berpusat pada guru selain itu ditemukan bahwa guru sudah menerapkan metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab akan tetapi hal ini belum menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang diterapkan sudah mengarah pada peningkatan kemampuan bepikir tingkat tinggi, 2) hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di Kabupaten Lombok Timur berada pada katagori sedang.

Keywords


Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Pembelajaran Fisika, Gerak, Gaya, Usaha dan Energi, Momentum dan Impuls.

Full Text:

PDF

References


Brookhart. S. M. 2010. How to Asses Higher-Order Thinking Skills in Yours Classrrom.

Virginia USA: USD

Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta Fatkhurrohman.M.A & Susongko.P. 2017. Determinats Factos Analysisis Of

Indonesian Student’s Physics Achievement In TIMMS 2011. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesa, Vol 13, No 1, 49-58

Fitriyani, Laila. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran VLOG (Vidio Blogging) Pada Materi Usaha dan Energi untuk Menumbuhkan Kemandirian dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMAN 2 Nganglik. Skripsi

Herdianto, Hengky dkk. 2014. Identifikasi Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fisika Fluida Statis dengan Modifikasi High-a Binaural Beats dan Guided Problem Solving. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 03, No 02, 154- 160

Irwandi Dedi & Syahida Ani. 2015. Alisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Soal Ujian Nasional Kimia. EDUSAINS, Volume VII, Nomor 0, 78-79

Istiyono, Edi. 2012. Panduan Asesmen Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Peserta Didik SMA. Disertasi

Kemendikbud. 2015. Penyusunan Soal Higer Order Thinking Skill’s Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA

King FJ, Ludwika Goodson, Faranak Rohani, 2010. Higher Order Thinking Skills, publication of the Educational Serices Program, Center for Advancement of Learning and Assesssment, www.cala.fsu.edu

Krathwohl, D.R. & Anderson, L. W. (Eds). (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, Andassessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman

Kurniati, Dian dkk. 2016. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar Pisa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidika, Volume 20, No 2, 141-155

Lesmana, Dimas Adi. 2016. Identifikasi Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Menggunakan Instrumen TWO-TIER TEST Pada Mata Pelajaran Fisika. Skripsi

Mitri, Hilaria. 2016. Analisis Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 8 Yogyakarta. Skripsi

Moesono, Anggadewi dkk. (2005). Peran Kognitif dan Meta Kognitif Dalam Proses Pembelajaran Bagi Tercapainya Pemahaman yang Optimal. Jakarta :Fakultas Psikologi Uniersitas Indonesia

Pratama, Nurris Septa & Istiyono, Edi. 2015. Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kelas X di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) ke-6, Volume 6, Nomor 1

Putra, Nusa. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Purwanto, Joko & Winarti. 2016. Profil Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah se-DIY. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah se-DIY. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol 7, 8-18

Ramadhan, Danny & Wassis. (2013). Analisis Level Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Dalam Standar Isi (SI), Soal Ujian Nasional (UN), Soal (Trends in Internasional Mathematics and Science Study (TIMMS), dan Soal Programme For International Student Assessment (PISA). Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 02 No 01, 20-25

Rasmawan, Rahmat. 2017. Profil Keterampilan Kerja Ilmiah dan Berpikir Kritis Siswa.

Edusains, Vol.9, Nomor I, 60-70

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Jakarta : PT Raja Grafinda Persada

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidika: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta

: PT Bumi Aksara

Sukmadinata, Nana S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Profil Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur

Sulianto, Joko dkk. 2018. Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa pada Materi Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Pilot Project Kurikulum 2013 di Kota Semarang. Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat Uniersitas PGRI Semarang

Suparno. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Fisika. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma

Suparno, Paul. (2013). Metodologi Pembelajaran Fisika: Konstruktivitas& Menyenangkan. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma

Sutanto, Hari Prasetyo. 2017. Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Provinsi Nusa Teggara Barat. Cakrawal Pendidikan, Volume XXXVI, Nomor 3

Uulia dkk. Analisis Higher Thinking Skills (HOTS) Siswa SMP N 1 Salo Dalam Menyelesaikan Soal Ujian Nasional IPA Fisika Tingkat SMP/MTS. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uniersitas Riau

Winarti, dkk. 2015. Analysisis of Highher Order Thinking Skills Contens of Physics Examinations in Madrasah Aliyah. Internasional Conferens on Mathematics, Science, and Educations, 65-69.

Winarti, dkk. 2015. Anlysisis Skill and Reasoning Skill Siswa Madrasah Aliyah di Kota Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains

Winarti, 2015. Profil Kemampuan Berpikir Analisis dan Evaluasi Mahasiswa dalam Mengerjakan Soal Konsep Kalor. Jurnal Innovatif dan Pembelajaran Fisika, Vol 2, Nomor 1, 10-24

Winarti, dkk. 2016. Profil Kemampuan Bernalar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor.

Proseding Seminar Nasional Quantum.

Winarti. 2018. Pengembangan Taksonomi dan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill untuk Pembelajaran Suhu dan Kalor di SMA/MA. Disertasi

Yee Mei Heong, Widad Binti Othman, Jailani Bin Md Younos. (2011). The Level of Marzoni Higher Order Thinking Skiils Among Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity. Vol.1, No 2, July 2011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.