Pengembangan Media Flipbook Fisika Berbasis Android untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Topik Perpindahan Kalor

Ariani Ina Kodi, Muhammad Nur Hudha, Hena Dian Ayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kelayakan dari media pengembangan flipbook fisika berbasis android pada proses pembelajaran 2) Mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan media pengembangan flipbook fisika berbasis android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development/R&D) dengan model ADDIE. Media flipbook fisika berbasis android ini divalidasi oleh 1 orang ahli media, 1 ahli materi, 1 guru SMP untuk respon terhadap media dan diuji cobakan secara terbatas pada 10 siswa kelas VII SMP Nu Bululawang. Data dikumpulkan dengan angket skala likert untuk validasi dan skala Guttman untuk angket respon guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan secara keseluruhan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media dengan presentase 85,71% dan ahli materi 82,4% dikategorikan sangat layak serta respon dari guru dan siswa terhadap media dikategorikan sangat baik. Hasil analisis untuk prestasi belajar siswa meningkat sesuai dengan penilaian ketuntasan belajar yang diperoleh seluruh siswa adalah 80% dengan kategori baik setelah menggunakan media flipbook fisika berbasis android pada topik perpindahan kalor.

Keywords


Android; Flipbook; Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Doğru, M., & Kıyıcı, F, K. (2005). Fen eğitiminin zorunluluğu. İçinde M. Aydoğdu, & T.

Kesercioğlu (Eds), İlköğretim fen ve teknoloji öğretimi. Ankara: Anı Yayıncılık., (1–24).

Dogtiev, A. (2017). App download And Usage Statistics. Retrieved from http://www.businessofapps.com/data/app-statistics/

Gea, N. F. A., Saptaningrum, E., & Kaltsum, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Flipbook Maker pada Materi Gejala Gelombang terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI, 187–192.

Gulbahar, Y., Madran, R, O., & Kalelioglu, F. (2010). Development and Evaluation of an Interractive WebQuest Enviroment: “Web Macerasi.” Educational Technology & Society, 13(3), 139–150.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. San Fransisco: Pfeiffer.

Mulyadi, D. U., Wahyuni, S., & Handayani, R. D. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SMP, 296–301.

Mustafa, F., & Tuncel, M. (2019). Integrating augmented reality into problem based learning: The effects on learning achievement and attitude in physics education. Computers & Education. Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103635

Mustiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.

Opasiak, K., & Mazurczyk, W. (2019). ( In ) Secure Android Debugging : Security analysis and lessons learned. Computers & Security, 82, 80–98. https://doi.org/10.1016/j.cose.2018.12.010

Orlando, A., Amato, P., Caraccio, D., Cinque, M., Izzi, R., Mirichigni, G., & Porzio, L. (2019). Linux Page Fault Analysis in Android Systems PT. Microprocessors and Microsystems. https://doi.org/10.1016/j.micpro.2019.01.006

Prasetya, M. A., Sudirman, & Wiyono, K. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok.

Riyanto, Lukman, & Subagyo. (2012). Pengembangan digital library local content pekalongan dalam format buku 3 dimensi. Jurnal LIPI, 1(1), 1–13.

Sahasrabudhe, V., & Kanungo, S. (2014). Computers & Education Appropriate media choice for e-learning effectiveness : Role of learning domain and learning style. Computers & Education, 76, 237–249. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.04.006

Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta.

Sui, L. (2016). Strategy analytics: android captures record 88 percent share of global smartphone shipments in Q3.

Tsay, M., & Lai, C. (2018). A scientometric study of heat transfer journal literature from 1900 to 2017, 98, 258–264.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.