Pengembangan Komik Fisika terhadap Kreativitas Siswa

Sri Jumini, Fatiatun Fatiatun, Nur Kholifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1)Untuk mengetahui model komik fisika. 2)Untuk mengetahui model komik fisika pengembangan dapat digunakan dalam pembelajaran fisika. 3) Untuk mengetahui model komik Fisika pengembangan berpengaruh terhadap kreativitas siswa.
Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan tahapan pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap. 1) Tahap define (pendefinisian) terdiri dari analisis pendahuluan, analisis siswa, analisis materi, dan merumuskan tujuan. 2) Tahap design (perancangan) terdiri dari penysunan kerangka, sistematika, dan produk awal. 3) Tahap develop (pengembangan) terdiri dari validasi model oleh ahli, revisi model, dan uji coba skala kecil.
Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari ahli media, ahli materi, dan siswa menggunakan angket uji kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik fisika belum tersedia di sekolah, sehingga peserta didik dan pendidik bisa menggunakan media komik fisika untuk tambahan bahan ajar. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media komik fisika ini layak digunakan. Hal ini didasarkan pada presentase rata-rata penilaian media komik fisika oleh ahli media 95%, ahli materi 82%, dan peserta didik 84%. Berdasarkan hasil penelitian, media komik fisika dapat memberi pengaruh terhadap kreativitas peserta didik, ditunjukkan dengan data angket kreativitas dengan presentase 77% masuk dalam kategori sangat kreatif.

Full Text:

PDF

References


Johana Ermina Setyaningtyas. Peningkatan Keativitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model pembelajaran Quatum Teaching pada Siswa Kelas 2. Jurnal Mitra Pendidikan. Vol.2, Nomor. 6 Tahun 2018. Hal 6

Pamungkas Stiyamulyani, Sri Jumini. Pengaruh Mengafal AlQuran terhadap High Order Thingking Skills ditinjau dari motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Kajian Pendidikan Sains Spektra. Vol IV. Nomor 1. April 2018.

Anggun Winata, dkk. Kemampuan awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SD Negeri Sidorejo Tuban pada materi Daur Air. Journal of Teaching in Elementary Education (JTEE). Vol.2, Nomor.1, Tahun 2018. Hal 6.

Sri Jumini. Problem Based learning berbasis inquiry ditinjau dari sikap ilmiah dan kreativitas mahasiswa. Jurnal Kajian Pendidikan Sains Spektra. Volume II, Nomor 1. April 2016.

Pengembangan Komik Fisika terhadap Kreativitas Siswa

Gunawan dkk. The Effect of Project Based Learning with Virtuil Media Assistance on Student‚ÄĚs Creativity in Physics. Cakrawala Pendidikan. Volume 36. Nomor 2. Tahun 2017.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.

Sudjana, Nana. 2013. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sri Jumini. Pembelajaran Fisika Modern dengan Model Kooperatif ditinjau dari kemampuan berkomunikasi. Prosiding Seminar Nasional UKSW. 21 Juni 2014. UKSW Salatiga.

Wati, Ega Rima. 2010. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena

Sudjana, Nana. 2013. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Hal: 63- 64.

Indiria Maharsi. 2011. Dunia Komik Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: Kata Buku. hal 3- 4

Nana Syaodih Sukmadinata. 2013. Media Pembelajaran . Bangdung:Sinar Baru Algensindo. Hal 104-105.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.