Metode Eksperimen Menggunakan Macromedia Flash Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Fisika.

Grasela Nopianti, Sudi Dul Aji, Muhammad Nur Huda

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen menggunakan macromedia flash terhadap minat dan prestasi belajar, serta korelasi antara model pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Wagir di kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu ( quasi Experimental Design), dengan menggunakan only-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan minat belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan metode eksperimen menggunakan macromedia flash dan siswa yang belajar menggunakan metode ceramah dengan niali Fhitung sebesar 9,414 . Adanya perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang belajaran menggunakan metode eksperimen menggunakan macromedia flash dan siswa yang belajar menggunakan metode ceramah dengan nilai Fhitung sebesar 6,737. Terdapat interaksi metode kesperimen menggunakan macromedia flash terhadap minat dan prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung sebesar 12,073

Keywords


Metode Eksperimen menggunakan Macromedia Flash, Minat, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I., & Fishbein, M. (2000). Attitudes And The Attitude -Behavior Relation: Reasoned And Auoatic Processes. European Review Of Social Psychology.

Ates, O., & Eryilmaz, A. (2011). Effectiveness Of Hands-On And Minds-On Activities On Students ’ Achievement And Attitudes Towards Physics *, 12(1), 1–22.

Bakaç, M., Taşoğlu, A. K., & Akbay, T. (2011). The Effect Of Computer Assisted Instruction With Simulation In Science And Physics Activities On The Success Of Student : Electric Current, 34–42.

Celik, P., Onder, F., & Silay, I. (2011). The Effects Of Problem- Based Learning On The Students ’ Success In Physics Course. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 28, 656–660. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2011.11.124

Metode Eksperimen Menggunakan Macromedia Flash Terhadap Minat dan Prestasi Belajar

Fisika.

Dewi, E. K., & Jatiningsih, O. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas X Di Sman 22, 02, 936–950.

Fadliana, H. N., Redjeki, T., & Nurhayati, D. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Metode Pbl ( Problem Based Learning ) Dilengkapi Dengan Macromedia Flash Dan Lks ( Lembar Kerja Siswa ) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Materi Asam , Basa Dan Garam Kelas Vii Smp Negeri 1 Jaten Kar, 2(3), 158–165.

Firmansyah, A., Ayub, S., & Kosim. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Eksperimen Pada Materi Cahaya Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Viii Smpn 2 Gunungsari Tahun Ajaran 2014 / 2015, I(3).

Gok, T. (2010). The General Assessment Of Problem Solving Processes And Metacognition In Physics Education, 2(2), 110–122.

Hussain, A., & Azeem, M. (2011). Physics Teaching Methods : Scientific Inquiry Vs Traditional Lecture, 1(19), 269–276.

Hutapea, S. E., & Manurung, S. R. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Menggunakan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas Xi Semester Ii Sma Swasta Bintang Timur 1 Balige T.P 2015/2016, 1–8.

Kinaseh, Subekti, N., & Pribadi, T. A. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Media Animasi Flash Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa, 4(3), 317–321.

Normah, Y., & Salleh, I. (2006). “Problem Solving Skills In Probability Among Matriculation Students”. Paper Presented At National Educational Research Seminar Xiii, 40-55.

Olufunke, B. T. (2012). Effect Of Availability And Utilization Of Physics Laboratory Equipment On Students ’ Academic Achievement In Senior Secondary School Physics, 2(5), 1–7. Https://Doi.Org/10.5430/Wje.V2n5p1

Olufunminiyi, A., & Afolabi, F. (2010). Constructivist Practices Through Guided Discovery Approach : The Effect On Students ’ Cognitive Achievement In Nigerian Senior Secondary School Physics, 2(1), 16–25.

Pelawi, H. S., & Sinulingga, K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X Sma Swasta Sinar Husni, 5(1), 32–37.

Pesman, H., & Ozdemir, F. (2015). International Journal Of Science Approach – Method Interaction : The Role Of Teaching Method On The Effect Of Context-Based Approach In Physics Instruction, 37–41. Https://Doi.Org/10.1080/09500693.2012.700530

Sanjaya. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Permada Media Grub.

Situmorang, R., & Tumanggor, A. M. R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Pokok Fluida Statis Di Kelas Xi Semester Ii Sma Negeri 11 Medan T.P 2015/2016, 1–11.

Tritanto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitas.

Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Uside, O. N., Barchok, K. H., & Abura, O. G. (2013). Effect Of Discovery Method On Secondary School Student ’ S Achievement In Physics In Kenya, 2(3), 351– 358.

Wardhani, K., Sunarno, W., & Suparmi. (2012). Pembelajaran Fisika Dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Multimedia Dan Modul Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Abstrak Dan Kemampuan Verbal Siswa, 1(2), 163–168.

Wenham, E. ., Dorlin, G. ., Snell, J. A. ., & Taylor.B. (1984). Physics: Concepts And Models. Addison Wesley.

Wijaya, I. W., Lasmawan, I. W., & Suastra, I. W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kecamatan Manggis Singaraja Indonesia, 5, 1–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.