PEMBERDAYAAN KELOMPOK PETERNAK LELE DESA TAMBAKMAS MELALUI BUDIDAYA CACING SUTERA (Tubifex sp) DENGAN SISTEM NAMPAN BERTINGKAT

Farida Huriawati, Nurul Kusuma Dewi, Wachidatul Linda Yuhanna

Abstract


Desa Tambakmas adalah salah satu penghasil lele yang potensial di kabupaten Madiun. Di Desa Tambakmas sebagian besar penduduknya adalah peternak lele khususnya pembenihan lele. Pembenihan lele di Desa Tambakmas mengalami berbagi kendala yaitu kegagalan program pembenihan, cuaca yang ekstrem dan mahalnya harga pakan benih lele berupa cacing sutera (Tubifex sp.).salah satu solusi untuk kendala tersebut adalah membudidayakan cacing sutera dengan sistem nampan bertingkat sebagai pakan benih lele secara mandiri. Program ini dilakukan selama 6 bulan meliputi persiapan, budidaya cacing sutera skala kecil, pembuatan buku panduan, pelatihan, pendampingan, monitoring dan mengevaluasi. Hasil dari program ini adalah kelompok peternak lele Desa Tambakmas mampu membudidayakan Cacing Sutera dengan sistem nampan bertingkat secara mandiri. Hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan bahwa peternak lele Desa Tambakmas berkomitmen dalam mengembangkan budidaya Cacing Sutera sebagai upaya keberlanjutan program.

Keywords


Cacing Sutera, Nampan Bertingkat, Tambakmas

Full Text:

PDF

References


Efendi, M. 2010. Beternak Cacing Sutera Cara Modern. Jakarta: Penebar Swadaya.

Hadi, A.P. 2012. Konsep Pemberdayaan, Partisipan dan Kelembagaan dalam Pembangunan. Yayasan agribisnis PPMA

Huriawati, F., Dewi, N.K. Yuhanna, W.L. 2015. IbM Desa Tambakmas dalam Penyediaan Pakan Lele Mandiri Melalui Budidaya Cacing Sutera (Tubifex sp.) dengan Media Limbah Air Kolam Lele.Prosiding hail penelitia dan PPM. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Ravita, N. F. 2015. Budidaya Cacing Sutera Dengan Wadah Bertingkat. Sekolah Tinggi Perikanan.

Suwignyo, S., Widigdo, B., Wardiatno, Y., Kristanti, M. 2005. Avertebrata Air. Jakarta: Penebar Swadaya.

Tim KP4K Kulonprogo. 2013. Panduan Praktis Budidaya Cacing Sutera. KP4PK Kulonprogo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.