INTERVENSI PSIKOSOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN JIWA WARGA DESA KREBET PONOROGO

Dahlia Novarianing Asri, Dian Ratnaningtyas Afifah

Abstract


Sehat jiwa merupakan suatu kondisi yang kontinum, meliputi sehat secara biologis, psikologis, sosial dan spiritual. Desa Krebet merupakan salah satu dari empat desa di Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo yang mayoritas penduduknya mengalami gangguan retardasi mental, sehingga julukan “Kampung Idiot” masih melekat hingga saat ini di masyarakat tersebut. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari warga masyarakat yang mayoritas mengalami retardasi mental akan berdampak terhadap kesehatan jiwa masyarakat, sehingga diperlukan suatu intervensi psikososial untuk menurunkan permasalahan sosial yang ada dan meningkatkan kesehatan jiwa masyarakat sekitar. Intervensi psikososial mengambil dari ruang lingkup kesehatan mental yaitu upaya promosi, prevensi, kurasi dan rehabilitasi. Upaya promosi untuk meningkatkan kesehatan jiwa masyarakat yang normal, upaya prevensi untuk mencegah terjadi gangguan atau masalah kesehatan jiwa, sementara kurasi untuk memberikan pengobatan pada masyarakat yang sudah memiliki permasalahan dan rehabilitasi membantu masyarakat mengalami gangguan supaya tetap memiliki peran maupun fungsi minimal di masyarakat.

Keywords


Intervensi Psikososial, Kesehatan Jiwa

Full Text:

PDF

References


Hanif, M. & Asri, D.N. 2013. Perilaku dan Interaksi Sosial Warga Kampung Idiot di Desa Sidoharjo dan Krebet Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo (Studi Fenomenologi Masyarakat Retardasi Mental). Laporan Penelitian. Penelitian Fundamental DIKTI.

Maramis, W.F. 2005. Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga University Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa. www.hukumonline.com/pusatdata diakses pada tanggal 16 April 2015

www.bks3jatim.or// diakses tanggal 12 April 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.