PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DUSUN SUWERU DALAM PEMASARAN PRODUK KOPI LOKAL MELALUI STRATEGI MARKETING MIX

Wachidatul Linda Yuhanna, Agita Risma Nurhikmawati

Abstract


Produk kopi lokal desa Suweru merupakan produk lokal yang potensial. Salah satu kendala yang dihadapi petani kopi adalah proses pemasaran dan inisiasi produk ke pasaran. Strategi yang dapat dilakukan adalah marketing mix.Hasil dari program ini adalah adanya peningkatan pengetahuan masyarakat dusun Suweru dalam memasarkan produk kopi lokal dengan strategi marketing mix. Strategi marketing mix untuk kopi lokal Suweru meliputi product berupa kopi bubuk dan kopi dengan berbagai varian rasa. Price, harga jual untuk kopi beras kering per kilo adalah Rp. 25.000,- sedangkan harga jual produk kopi bubuk original per kilo adalah Rp. 70.000. Varian kopi sachet kecil adalah Rp. 1.000,- . Place, Tempat produksi dari kopi Suweru ini terpusat di rumah produksi yang dikelola oleh petani kopi “Mugi Lestari”. Sedangkan tempat untuk memasarkan produk adalah showroom di rumah produksi, showroom PKK, kedai kopi dan kawasan wisata. People, SDM yang terlibat adalah kelompok petani kopi “Mugi Lestari”. Process, proses produksi dimulai dari kopi buah sampai kopi bubuk berbagai varian rasa yang siap di konsumsi. Promotion, inovasi promosi yang dilakukan adalah melalui blog, web, sosial media, dan inisiasi ke cafe, angkringan dan kedai kopi di Kota madiun. Physical evidence, sejauh ini masih dalam proses pengembangan.

Keywords


Kopi, Suweru, Marketing Mix

Full Text:

PDF

References


Fahmi, M., Baihaqi A., Kadir, I.A. 2013. Analisis Strategi Pemasaran Kopi Arabika ‘Bergendaal Koffie’ di Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Agrisep 14(1) 33-40.

Kotler, P. Armstrong G., 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Loekito M., Irawan C., Nugroho E., Kartika E.W. 2014. Analisa Pengaruh Marketing Mix (7P) terhadap Keputusan Pembelian di Folks!Coffee Shop and Tea House Surabaya. Universitas Kristen Petra. Surabaya

Nurhikmawati, A.R., Yuhanna, W.L. 2015. Penerapan IPTEK Bagi Masyarakat dalam Mengolah Kopi Lokal Secara Primer di Dusun SuweruDesa Kare Kabupaten Madiun. Prosiding SEMLOKNAS PAGI. Universitas Sebelas maret Surakarta.

Rachmawati, R. 2011. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik 2 (2) 143-150

Rahmah, K. 2014. Analisis Strategi Pemasaran Kopi Lokal Di Rumah Kopi Ranin. Departemen Agribisnis Institut Pertanian Bogor.

Rukmana. R. 2014. Untung Selangit dari Agribisnis Kopi. Yogyakarya: Lily Publisher

Soebijanto, F., Kunto, Y.S. 2013. Analisa Efektiftas Program Promosi Top Gandola Kopi Kapal Api Ditinjau dari Peningkatan Ekuitas Merek dan Minat Beli (Studi Kasus di PT Fastrata Buana Surabaya). Jurnal Managemen Pemasaran Petra. 1(2) 1-8

Soetriono. 2014. Strategi Peningkatan Daya Saing Agribisnis Kopi Robusta dengan Model dan Daya Saing Tree Five Model. Agribisnis Pasca Sarjana. Universitas Jember.

Wahyuningsih, N., Dania, W.A.P., Dewi, I.A. 2014. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Minuman Kopi Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) Studi Kasus pada Coffee Story Malang. Jurusan Teknologi Industri Pertanian. Universitas Brawijaya.

Yuhanna, W.L, Nurhikmawati, A.R. 2015. Inovasi Pengolahan Kopi Lokal Secara Sekunder di Dusun Suweru-Kare Kabupaten Madiun. Prosiding SEMLOKNAS PAGI. Universitas Sebelas Maret Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.