IbM PENERAPAN TEKNIK UKIR MOTIF PRING SEDAPUR PADA SANGKAR BURUNG UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK PENGRAJIN SANGKAR DI KABUPATEN MAGETAN

Anjar Mukti Wibowo, Sardulo Gembong

Abstract


Pengabdian masyarakat IbM ini bertujuan untuk meningkatkan penghasilan kelompok pengrajin sangkar burung di Kabupaten Magetan. Untuk mendukung ketercapaian dari tujuan ini, maka dalam pelaksanaan IbM dilakukan peningkatan kualitas sangkar yang diproduksi oleh pengrajin. Peningkatan kualitas produk sangkar dilakukan dengan memberikan ornamen ukir pada sangkar dengan motif ukir khas Kabupaten Magetan. Usulan ini mentargetkan terjadinya peralihan produk sangkar biasa yang dihasilkan mitra (pengrajin) ke produk dengan motif ornamen ukir Pring Sedapur dan rata-rata permintaan konsumen terhadap produk sangkar yang dihasilkan mitra setiap bulannya minimal sebanyak 20 sangkar. Agar mitra mampu memproduksi sangkar dengan ornamen ukir, maka metode pelaksanaan IbM menggunakan model pelatihan penerapan seni ukir dan pendampingan dalam pemasarannya. Kegiatan yang dilakukan selama pelaksanaan IbM adalah: 1) Pelatihan dasar-dasar seni ukir, 2) Pelatihan motif-motif seni ukir, 3) Pelatihan seni ukir dengan motif Dapur Pring Sewu, 3) Pelatihan penerapan seni ukir untuk ornamen sangkar burung, 4) Pelatihan teknik pewarnaan pada sangkar burung, dan 5) Sosialisai Hasil Produk pada konsumen. Sampai awal bulan Agustus 2016 pengusul telah melaksanakan 3 kegiatan utama yang berkaitan dengan seni ukir pring sedapur untuk ornamen sangkar burung. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa kedua mitra telah mampu menguasai motif-motif seni ukir maupun penerapannya pada sangkar burung. Namun untuk teknik pewarnaan kedua mitra masih belum menguasainya. Oleh sebab itu, pada rencana berikutnya pengusul akan melakukan pelatihan yang berkaitan dengan teknik pewarnaan yang dikususkan pada sangkar burung.

Keywords


Teknik Ukir; Motif Ukir Pring Sedapur; Peningkatan Produk Sangkar Burung

Full Text:

PDF

References


Ditlitabmas 2016. Panduan Pelaksanaan Pengabdian dan Pengabdian Kepada masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi X. Jakarta : Dirjen Dikti.

Gustami, SP.1984. Seni Ukir dan Masalah Meja, Jilid I. STSRI “ASRI”. Yogyakarta

Gustami, SP.2001. Pengembangan Seni Kriya sebagai Produk Andalan. Penataran. Derektorat Kesenian Bogor.

Gustami, SP.2008. Nukilan Seni Ornamen Indonesia. Yokyakarta: Arindo.

Hans J Daeng, 2000. Manusia, Kebudayaan dan Lingkungan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Toekio, Soegeng.2001. Ghorakriya, Seni Rupa STSI Surakarta

Tri Palupi Prihendah P.. 2015. Teknik Dasar: Art Food Carving : Teknik Dasar Mengukir Bentuk Flora dan Fauna, Indonesia: Gramedia Pustaka Utama.

Effendi Yusuf,1999. Desain Kriya Seni Untuk Pembangunan Berkelanjutan, Makalah Seminar Kriya dan Rekayasa, ITB : Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.