PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENGAJUKAN MASALAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan Lembar Kegiatan Mahasiswa berbasis Riset pada matakuliah Statistika Matematika. Tahapan penelitian dimulai dari tahap mendefinisikan (identifikasi kebutuhan dan analisis), tahap perencanaan, sampai tahap pengembangan (produksi prototipe). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif mengacu pada fase yang dikembangkan oleh Fenrich, (1997). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan penyebaran kuesioner dengan tipe kuesioner tertutup. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan kualitatif (metode mixing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa valid dan praktis untuk digunakan pada matakuliah statistika matematika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Munandar. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (Jakarta: Rineka Cipta)
Pacific Policy Research Center. 2010. 21 st Century Skills for Students and Teachers Res. Eval. 1–25
Blume S, Madanchi N, Böhme S, Posselt G, Thiede S and Herrmann C. 2015. Die lernfabrik-researchbased
learning for sustainable production engineering Procedia CIRP32 126–31
Djoko D T W. 2010. Pembelajaran Berbasis Riset (Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada)
Bath D and Bourke J. 2010. Blended Learning Getting Started With
Silver E. 1994. On Mathematical Problem Posing. pdf Learn. Math.14 19–28
Widodo S A, Turmudi, Dahlan J A, Istiqomah and Saputro H. 2018. Mathematical Comic Media for
Problem Solving Skills Int. Conf. Adv. Sci. Innov. 101–8
Putra H D, Herman T and Sumarmo U. 2017. Development of Student Worksheets to Improve the
Ability of Mathematical Problem Posing Int. J. Emerg. Math. Educ.1 1
Refbacks
- There are currently no refbacks.