PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS KOMIK ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI YANG TERWUJUD DENGAN TRADISI BERFIKIR KRITIS DALAM PELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Arni Gemilang Harsanti, Dian Nur Antika Eky Hastuti, Eka Nofri Ari Yanto

Abstract


Penelitian ini merupakan pengembangan produk media pembelajaran berbasis komik animasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengembangan produk media audiovisual berbasis komik animasi, (2) Mengetahui kelayakan media audio visual berbasis komik animasi untuk meningkatkan budaya literasi, (3) Mengetahui efektifitas media audiovisual berbasis komik animasi untuk meningkatkan budaya Literasi yang terwujud dengan tradisi berfikir kritis dalam pelajaran IPS Kelas V di Sekolah Dasar.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono (2012: 407) penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Nana Syaodih Sukmadinata (2006: 169) mendefinisikan penelitian dan pengembangan merupakan pendekatan penelitian untuk menghasilkan produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada. Jadi penelitian pengembangan merupakan metode untuk menghasilkan produk tertentu atau menyempurnakan
produk yang telah ada serta menguji keefektifan produk tersebut. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media audiovisual berbasis animasi untuk meningkatkan budaya literasi yang terwujud dengan tradisi berfikir kritis.
Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar yang ada di Kota Madiun. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari hingga Oktober tahun 2018. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V di sekolah dasar Kota Madiun.

 


Keywords


media audiovisual, komik animasi, budaya literasi, berfikir kritis, IPS SD

Full Text:

PDF

References


Abdul,Gafur. 2012. Desain Pembelajaran. Penerbit Ombak : Yogyakarta.

Freire, P. 1972.Pedagogy of the Oppressed. Harmondsworth: Penguin.

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Haryono. 2009. Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai

Dengan Mediasi Motivasi Kerja (Studi Pada Pegawai Badan Pelaksana Penyuluhan

Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Batang. Tesis Tidak Dipublikasikan,

Program Pascasarjana Magister Manajemen, Universitas Stikubank Semarang.

Hadi. 2005. Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Bandung :

Dewa Ruchi.

Herdinanda. 2010. Media Audiovisual. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka.

Kern. 2000. Literacy and Language Teaching. Published. Oxford : Oxford University.

Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan).

Bandung Rosda: Cetakan kesembilan.

Nurdin. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Sosial Siswa di Sekolah. Jurnal

Administrasi Pendidikan Vol.8, No.1 Juni 2006: Surabaya.

Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP)

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta,.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT .Bumi Aksara

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Wells M. 1987. College English. New York: Harcourt

Junita (2009). Perbedaan Pendidikan Kesehatan Antara Media Leafleat Dengan Audiovisual Terhadap Perilaku Ibu Balita Gizi Kurang dan Gizi Buruk Di Kabupaten Bireuen Aceh.

Jurnal Keperawatan Anak. Vol VII No 5. www.usu.id. Diakses tanggal 13 Mei 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.