SOSIALISASI PERANAN ORANG TUA DALAM MENENTUKAN DAN MENGEMBANGKAN MULTIPLE INTELEGENCE ANAK USIA DINI DALAM UPAYA MENGARAHKAN POTENSI DAN KEBERBAKATAN ANAK

Enggel Bayu Pratama, Ilham Mauladhie Wijaya

Abstract


Menurut Dr. Thomas Amstrong, setiap anak dilahirkan dengan membawa potensi yang
memungkinkan mereka untuk menjadi cerdas. Sifat yang menjadi bawaan itu antara lain : keingintahuan,
daya eksplorasi terhadap lingkungan, spontanitas, Teori kecerdasan ganda (multiple intelligences)
memandang kecerdasan tidak hanya berdasarkan kemampuan logika atau bahasa saja, namun memiliki
kecerdasan-kecerdasan lain yang selama ini tidak menjadi perhatian. Materi pembekalan yang diberikan
mengupas tentang peranan orang tua dalam menentukan kecerdasan anak, dalam menjalankan perannya
orang tua berperan sebagai pendamping yang paling penting memberikan kebebasan bagi anak untuk
menggunakan inderanya dan kebebasan mencoba sendiri serta jangan sampai orang tua menghalangi dan
mematikan rasa ingin tahu anak untuk menggunakan pikirannya dalam menemukan sebab-sebab dari
terjadinya sesuatu, sebab hal ini akan menghambat perkembangan inteligensi anak dan membahas tentang
jenis jenis tingkat kecerdasan berdasarkan multiple intelegence. Kesimpulan dalam program pengabdian
masyarakat ini bahwa setiap orang adalah unik, setiap orang perlu menyadari dan mengembangkan ragam
kecerdasan manusia dan kombinasinya. Setiap siswa berbeda karena mempunyai kombinasi kecerdasan
yang berlainan. Komponen masyarakat, dalam hal ini orang tua, perlu memberikan dukungan yang optimal
agar implementasi teori kecerdasan ganda dapat berhasil. Orang tua, dalam konteks pengembangan
kecerdasan ganda perlu memeberikan sedikit kebebasan pada anak mereka untuk dapat memilih kompetensi
yang ingin dikembangkan sesuai dengan kecerdasan dan bakat yang mereka miliki.


Keywords


Multiple Intelegence, Anak Usia Dini, Potensi, Bakat Anak

Full Text:

PDF

References


Budiningsih, C. Asri, 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Delfi, Refny. (2007). Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences). Jakarta : Universitas Terbuka.

Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 2017. Panduan Pelaksanaan Penelitian Dan

Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XI. Jakarta: Kementerian Risat,

Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Poerwadarminta, W.J.S. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Yatim Riyanti. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarata: Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.