PENGABDIAN MASYARAKAT DESA KALIGONDO : MENINGKATKAN POTENSI LOKAL BERDAYA SAING MENUJU REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Prodi Akuntansi Program Studi Diluar
Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi tahun 2018 adalah meningkatkan potensi
lokal masyarakat desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Banyuwangi melalui program wirausaha,
memberikan informasi terkait literasi dan inklusi keuangan, memberikan sosialisasi terkait pemasaran dan
hak cipta produk, sehingga masyarakat Kaligondo siap menghadapi revolusi industri 4.0. Masyarakat
Kaligondo sebagian besar mata pencahariannya adalah di sektor industri rumah tangga, hambatan dan
tantangan dalam mengembangkan industri rumah tangga tersebut menjadi fokus dalam kegiatan pengmas
ini. Aktivitas pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama dua hari penuh, dengan tahapan sebelumnya,
yaitu: pra-survey untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, tahap persiapan pengmas dengan
membentuk kepanitiaan dan menghubungi narasumber untuk sosialisasi, aktivitas inti yaitu kegiatan
pengabdian masyarakat dan terakhir tahapan evaluasi pengmas. Dari hasil aktivitas pengabdian masyarakat
ini dapat disimpulkan bahwa terbatasnya sektor permodalan dan akses pemasaran menjadi perhatian utama,
sehingga titik utama pengmas dihadapkan pada penyampaian informasi terkait bantuan permodalan, inklusi
keuangan, pelatihan manajemen dan sistem informasi pemasaran serta proses hak cipta produk.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astamoen, Moko P. (2008). Entrepreneurship dalam Perspektif Kondisi Bangsa Indonesia.
Bandung : Alfabeta
Fauzan, R. (2018). KARAKTERISTIK MODEL DAN ANALISA PELUANG-TANTANGAN
INDUSTRI 4.0. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur, 04(April), 1–11.
Kottler, Philip & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Noviana, Z. R. dkk. (2018). Pengembangan ekowisata gunung beruk dan pembuatan
cinderamata dari potensi alam sekitar berbasis pemberdayaan masyarakat. Seminar
Nasional Dan Call For Paper III, 534–539.
Panggabean, D. dkk. (2018). PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK INDUSTRI
RUMAH TANGGA BON BON SANTAN SONJAY DI KOTA MEDAN. Jurnal
Pembangunan Perkotaan, 6(1), 40–45. Retrieved from
http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP
Rahma, F., Ristiyanti, N., & Debora, S. T. (2018). Solusi Upgrading terhadap Rantai Nilai
Global dalam Industri Kluster Gerabah di Kasongan , Bantul. Jurnal Transborders, 1(2),
–112.
Rahman, Aulia Bakhtiar. (n.d.). Reidentitas merek mandala sebagai perguruan tinggi berbasis
pengembangan produk lokal berdaya saing global. Seminar Nasional Manajemen Dan
Bisnis Ke-3 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas
Jember, (2017), 450–457.
Sari, Yuliana Windi. (2016). BUMDESA ( BADAN USAHA MILIK DESA ) SEBAGAI
KELEMBAGAAN PARTISIPATORIS UNTUK PENGEMBANGAN IDENTIFIKASI
POTENSI MASYARAKAT PEDESAAN. Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi
Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” 298–302.
Utami, A. T. (2017). Home Country Features dalam Mendukung Internasionalisasi Perusahaan
(Studi Kasus : Internasionalisasi Foxconn). Jurnal INSIGNIA, 4(2), 9–20.
Whitely, D. (2000). E-commerce: Strategy, Technologies and Applications. McGrawHill
Zimmerer W., Scarborough N.M.(2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil (Deny Arnos
Kwary dan Dewi Fitriasari, Penerjemah). Jakarta : Salemba Empat.
Refbacks
- There are currently no refbacks.