ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SDN 1 NGLURUP KABUPATEN PONOROGO

Raras Setyo Retno, Diyan Marlina, Riri Setiyani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kecenderungan gaya belajar dari siswa kelas V SDN 1 Nglurup Kabupaten Ponorogo yang berupa Visual, Auditorial dan Kinestetik. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan pelaksanaannya melalui tiga tahap persiapan, penelitian kemudian tahap laporan. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Adapun teknik analisis menggunakan model Interaktif dari Miles dan Huberman meliputi
data collection (pengumpulan data), data reductions (reduksi data), data display (penyajian data), conclusions (penarikan kesimpulan). Subyek penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas V SDN 1 Nglurup. Hasil yang diperoleh menunjukkan, bahwa siswa kelas V SDN 1 Nglurup Kabupaten Ponorogo cenderung pada salah satu gaya belajar diantara Visual, Auditorial, atau Kinestetik dengan rincian dari 20 siswa, terdapat siswa yang memiliki gaya belajar visual sebanyak 55% atau 11 siswa dengan kecenderungan sebesar 79,5% pada gaya belajarnya, selanjutnya terdapat siswa dengan kecenderungan gaya belajar auditorial sejumlah 25% atau 5 orang siswa dengan kecenderungan 74% pada gaya belajarnya, selanjutnya siswa yang menonjol pada gaya belajar kinetetik sejumlah 20% atau 4 orang siswa dengan kecenderungan 72,5% pada gaya belajarnya.Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa gaya belajar siswa di kelas V SDN 1 Nglurup Kabupaten Ponorogo berbeda-beda dengan gaya belajar siswa yang paling banyak adalah visual, kemudian auditorial dan paling sedikit adalah gaya belajar kinestetik.

Keywords


Gaya Belajar; Pembelajaran IPA; Cara Belajar

Full Text:

PDF

References


Adami, Z., Affan, M. H., & Hajidin. (2017). Hubungan antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar,2 (2), 135-140.(https://www.neliti.com)Diunduh pada 18 April 2018

Dirman, & Juarsih, C. (2014). Karakteristik Peserta Didik.Jakarta: Rineka Cipta.

Geiger, M. A., & Boyle, E. J. Learning Styles of Students and Instructiors: An Analysis Course Performance and Satisfaction. Accounting Educator's Journal, IV (2).(https://pdfs.semanticscholar.org)Diunduh pada 18 April 2018

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2012). Gaya Belajar, Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irham, M., & Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Pendidikan, Teori dan Aplikasi dalam proses pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 1 (1), 56-63. https://ejournal.undip.ac.id) Diunduh pada 18 April 2018

Priyana, A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak ! Memaksimalkan Potensi Anak dengan Modifikasi Gaya Belajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rahyubi, H. (2014). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik, Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung, Jawa Barat, Majalengka: Nusa Media.

Ramadani, R., Mustamin, S. H., & Idris, R. (2017). Hubungan antara Kreativitas Guru dan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas X SMA Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran .(http://journal.uinalauddin.ac.id) Diunduh pada 18 April 2018

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Tursinawati. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pionir, 1 (1).(http://portalgaruda.org) Diunduh pada 18 April 2018

Ula, S. S. (2013). Revolusi Belajar : Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Uno, H. B. (2006). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.