ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA MELALUI VARIABEL DUKUNGAN DAN PENGAWASAN MANAJEMEN SEBAGAI MODERASI STUDI KASUS: SMK NEGERI 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

Reza Dani Ratmanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis 1) Untuk mengetahui secara simultan budaya organisasi yang terdiri dari variabel Inisiatif dan Toleransi Tindakan Beresiko, variabel Arahan dan Sasraan, variabel Integrasi dan Pola Komunikasi, variabel Dukungan dan pengawasan Manajemen serta variabel Toleransi Terhadap Konflik, berpengaruh terhadap Efektivitas Kerja Guru di SMK Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung, 2) Untuk mengetahui secara parsial budaya organisasi yang terdiri dari variabel Inisiatif dan Toleransi Tindakan Beresiko, variabel Arahan dan Sasaran, variabel Integrasi dan Pola Komunikasi, variabel Dukungan dan pengawasan Manajemen serta variabel Toleransi Terhadap Konflik, berpengaruh terhadap Efektivitas Kerja Guru di SMK Negeri 3 boyolangu Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Analisis hasil regresi linier berganda didapatkan koefisien determinasi (R2) = 0,157.
Hal ini menunjukkan bahwa model regresi linier berganda ini variabel bebasnya secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap variabel terikat sebesar 0,157 atau 15,7% dan lainnya 84,3% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Sedangkan uji F dengan hasil 2,275 dan signifikansi 0,058 < p (0,05) menunjukkan bahwa variabel Inisiatif dan Toleransi Tindakan Beresiko (X1), variabel Arah dan Sasaran (X2), variabel Integrasi dan Pola Komunikasi (X3), variabel Dukungan dan Pengawasan Manajemen (X4), variabel Toleransi Terhadap Konflik (X5) secara simultan berpengaruh terhadap Efektivitas Kerja Guru (Y) di SMK Negeri 3 Boyolangu, 2) Secara parsial analisis hasil t hitung
dari variabel Inisiatif dan Toleransi Tindakan Beresiko (X1) sebesar 1,670 dengan signifikasi 0,100 > p (0,05) tidak berbeda nyata berarti tidak berpengaruh terhadap Efektivitas Kerja Guru (Y), t hitung variabel Arah dan Sasaran (X2) sebesar 2,273 dengan signifikansi 0,027 < p (0,05) berbeda nyata berarti berpengaruh terhadap Efektivitas Kerja Guru (Y), t hitung variabel Integrasi dan Pola Komunikasi (X3) sebesar 0,472 dengan signifikansi 0,638 > p (0,05) tidak berbeda nyata berarti tidak berpengaruh terhadap Efektivitas Kerja Guru (Y) dan t hitung variabel Dukungan dan Pengawasan Manajemen (X4) sebesar 0,831 dengan signifikansi 0,409 > p (0,05) tidak berbeda nyata berarti tidak berpengaruh terhadap Efektivitas
Kerja Guru (Y), serta t hitung variabel Toleransi Terhadap Konflik (X5) sebesar 1,366 dengan signifikansi 0,177 > p (0,05) tidak berbeda nyata berarti tidak berpengaruh terhadap Efektivitas Kerja Guru (Y).

Keywords


Budaya organisasi; efektivitas kerja

Full Text:

PDF

References


Brooke, Ruseel dan Price. 1982. Diseriminat Validation of Measure of Job Satisgfaction, Job Invelvement Organitational Commitmen “Jurnal of Marketing”. Vol. 46.

Carrol, S. Jr, dan Gillen D.J. 1987. Are the Classical Management Functions Useful in Describing Managerial Work, Academy of Management Review. 12, 38 – 51.

Cheki Y. 1996. Budaya Perusahaan China. Usahawan. No. 07 tahun XXV.

Davis, Keith & Frederick, William. 1984. Busines and Society. Fifth Edition, Mc. Graw-Hill, Japan.

Hardjaman, AA. 1994. Corporate Culture Dalam Budaya Komunikasi Menyongsong Abad XXI. Jurnal 9 & 10. Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia.

Handoko, T.H. 1995. Manajemen. Edisi 2. BPFE. Yogyakarta.

Howell, J.M dan CA. Hinggins. 1990. Champions of Change, Business Quortely dan D.I Day Raising Radicals. Hal. 31 – 32.

Howell, J.M dan CA. Hinggins. 1994. Different Process for Champions Innovative Corporate Venture, Organization Science. Hal. 72 – 148.

Kamus Besar Indonesia. 1990. Balai Pustaka. Jakarta.

Karlene H, Robert’s dan Hunt, DM. 1991. Organizational Behavior. Pins Kent Publishing Company. Boston.

Locke E, A. dan Latham, G.P. 1990. A Theory of Good, Setting and Task Performance. Engleword, cliffs, NJ, Prinrince Hall.

Musa. 1989. Manajemen Kepegawaian di Indonesia. Haji Masagung. Jakarta.

Neal, Margaret A, Northeratt dan Gregory B. 1990. Organizational Behavior a Management Challenge. The Dry Den Press.

Nimran, U. 1996. Pemantapan Budaya Perusahaan dan Kinerja Organisasi dalam Menyongsong Era Perdagangan Bebas. Disampaikan pada Rapat Terbuka Senat Universitas Brawijaya Malang. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

O’Reilly, Charles dan Chatman, J. 1986. Organizational Commitmen and Psichological Attachment, The Effects of Compliance, Identification and Internalization on Prosocial Behavior, Jurnal of

Applied Psichology. Vol 71.

Pearce dan Robinson. 1997. Strategi Management. Jilid I. Alih Bahasa Agus Maulana. Binaputra Aksara. Jakarta.

Robbins, S.P. 1996.Perilaku Organisasi, Konsep-Kontroversi-Aplikasi. Edisi Bahasa Indonesia Jilid 2 Terjemahan. Hadyana Pujiatmaka. Preshallindo. Jakarta.

Steers M, Richard. 1990. Organization Effectiveness. A Behaviour View. Diterjemahkan: Magdalena Jamn. Efektivitas Organisasi. Kaidah Perilaku. Cetakan Kedua. Erlangga. Jakarta.

Sadler dan Philip. 1991. Mendesain Organisasi. Terjemahan Fauzi Bustami. Cetakan Pertama. Pustaka Binamas Presindo. Jakarta.

Thomas, Witaas, Br. 1992. Urgensi Menimbulkan Budaya Kerja di Indonesia. Majalah Manajemen No. 84.

Yulk, G. 1994. Leadership in Organizations. Third Edition. Prentice-Hill. Ine Englewood Cliffs. New Jersey


Refbacks

  • There are currently no refbacks.