PERAN KONSELOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
Abstract
Keberhasilan belajar ditentukan oleh beberapa faktor salah satunya adalah minat belajar. Minat belajar adalah suatu rasa ketertarikan untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktivitas belajar. siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi cenderung akan belajar tanpa paksaan, belajar dari lubuk hati, dan belajar dengan senang hati. Faktanya masih ada siswa yang memiliki minat belajar yang rendah. Dengan begitu perlu adanya seseorang yang bisa membantu meningkatkan minat belajar siswa. Teman merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Konseling sebaya adalah layanan bantuan konseling yang diberikan oleh teman sebayanya (biasanya seusia/tingkatan pendidikannya hampir sama) yang telah terlebih dahulu diberikan pelatihan-pelatihan untuk menjadi konselor sebaya sehingga dapat memberikan bantuan baik secara individual maupun kelompok kepada teman-temannya yang bermasalah ataupun mengalami berbagai hambatan dalam perkembangan kepribadiannya. Konselor sebaya dipandang sangat tepat untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Keywords
konselor sebaya; minat belajar
Full Text:
PDFReferences
Agus Sudjanto. 1995. Psikologi Umum. Jakarta:Bumi Aksara
Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
D.P Tampubolon. 1993. Mengembangkan Minat Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa
Singgih D.G & SDG. 1989. Psikologi Perawatan. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Erhamwilda. 2015. Konseling Sebaya. Yogyakarta: Media Akademi
Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Nana Syaodih Sukmadinata. 2007. Bimbingan dan Konseling Dalam Praktek. Bandung: Maestro Graha cendekia. http://grahacendikia.wordpress.com/2009/04/23/minat-belajar-siswa/ (diakses tanggal 13 Januari 2019 jam 10.30)
Refbacks
- There are currently no refbacks.