PERAN KONSELOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Rischa Pramudia Trisnani, Silvia Yula Wardani

Abstract


Keberhasilan belajar ditentukan oleh beberapa faktor salah satunya adalah minat belajar. Minat belajar adalah suatu rasa ketertarikan untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktivitas belajar. siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi cenderung akan belajar tanpa paksaan, belajar dari lubuk hati, dan belajar dengan senang hati. Faktanya masih ada siswa yang memiliki minat belajar yang rendah. Dengan begitu perlu adanya seseorang yang bisa membantu meningkatkan minat belajar siswa. Teman merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Konseling sebaya adalah layanan bantuan konseling yang diberikan oleh teman sebayanya (biasanya seusia/tingkatan pendidikannya hampir sama) yang telah terlebih dahulu diberikan pelatihan-pelatihan untuk menjadi konselor sebaya sehingga dapat memberikan bantuan baik secara individual maupun kelompok kepada teman-temannya yang bermasalah ataupun mengalami berbagai hambatan dalam perkembangan kepribadiannya. Konselor sebaya dipandang sangat tepat untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Keywords


konselor sebaya; minat belajar

Full Text:

PDF

References


Agus Sudjanto. 1995. Psikologi Umum. Jakarta:Bumi Aksara

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

D.P Tampubolon. 1993. Mengembangkan Minat Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa

Singgih D.G & SDG. 1989. Psikologi Perawatan. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Erhamwilda. 2015. Konseling Sebaya. Yogyakarta: Media Akademi

Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Nana Syaodih Sukmadinata. 2007. Bimbingan dan Konseling Dalam Praktek. Bandung: Maestro Graha cendekia. http://grahacendikia.wordpress.com/2009/04/23/minat-belajar-siswa/ (diakses tanggal 13 Januari 2019 jam 10.30)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.