ANALISIS KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN TERHADAP PELAYANAN INSTALASI RAWAT JALAN POLIKLINIK DENKESYAH MADIUN

Desi Kusumawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kepuasan peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan instalasi rawat jalan di poliklinik Denkesyah Madiun Provinsi Jatim Timur. Metode dalam teknik pengambilan sampling adalah deskriptif cross-sectional dan pengumpulan data yang digunakan adalah
teknik survei atau kuesioner dengan cara membagikan kuesioner yang berisi pernyataan-pernyataan kepada responden. Responden adalah pasien peserta BPJS Kesehatan yang datang ke poliklinik Denkesyah
Madiun untuk memperoleh layanan kesehatan. Metode analisis data menggunakan analisis persamaan regresi berganda dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Program SPSS 19. Hasil
persamaan regresi berganda tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan uji F dan uji t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi prosedur pelayanan
(pendaftaran) p= 0,004, persepsi pelayanan sumber daya manusia (tenaga kesehatan) p= 0,039, persepsi pelayanan obat p= 0,004, dan persepsi fasilitas p=0,011 dengan kepuasan peserta BPJS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi pelayanan dengan kepuasan peserta BPJS terhadap pelayanan instalasi rawat jalan di poliklinik Denkesyah Madiun Provinsi Jatim Timur.

Keywords


kepuasan pasien; BPJS Kesehatan; Madiun

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baros, Wan Aisyah, 2011, Kontribusi Pengetahuan Peserta Askes Sosial Terhadap Kepuasan Layanan Rawat Jalan Tingkat Lanjut dan Rawat Inap PT Askes Tahun 2011, Universitas Indonesia, Jakarta.

Carr And Hill, 1992, The Measurement of Patient Satisfaction. Journal Pub Health Med.

Mohammed, Shafiu, et al, 2011, Understanding Client Satisfaction With a Health Insurance Scheme in Nigeria: Faktor and Enrollees Experiances, Jurnal BioMed

Mosadeghard, Ali Mohammad, 2014, Factors Influencing Healthcare Service Quality, International Journal Of Health Policy And Management, Vol 3 (2), 77-89.

Nasir Ayat dan Mahmood Khalid, 2008. Consumer Satisfaction in Social Security Institution Hospital, Rawalpindi. Authors are consultant Health Economist and Research Economist-PIDE.

Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi), Jakarta: Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta,.

Sugiyono, 2010, Statistika untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Supardi, S. 1996. Sakit dan Perilaku Sakit.. Cermin Dunia Kedokteran III. Jakarta

Supranto, J.2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.