SETS: PERSPEKTIF DALAM MEMBERDAYAKAN SCIENCE LITERACY

Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiani

Abstract


Pembelajaran Sains akan melatih siswa dalam meningkatkan kompetensi memahami masalahmasalah yang dihadapi oleh masyarakat modern yang bergantung pada teknologi dan kemajuan, serta perkembangan ilmu pengetahuan. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui perspektif pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dalam memberdayakan Science Literacy pada pembelajaran IPA siswa Sekolah Dasar. Subjek uji coba dalam penelitian melibatkan 25 siswa kelas V Sekolah Dasar di Kota Madiun.Pemberdayaan Science Litearcy dilihat dari meningkatnya hasil sebelum dan sesudah penerapan pendekatan SETS pada pembelajaran IPA. Pendekatan SETS membantu siswa untuk memberdayakan Science Literacy melalui tahapan kegiatan invitasi, eksplorasi, pemecahan masalah, aplikasi konsep dan menyimpulkan. Tahapan-tahapan tersebut merupakan kegiatan yang membiasakan siswa untuk mempelajari konsep melalui prosesdan mengaplikasikan teknologi yang berwawasan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan nilai literasi sains sebelum perlakuan (rata-rata= 52,46 dan simpangan baku 16,87) lebih rendah dari nilai setelah perlakuan (rata-rata= 75,39 dan simpangan baku 5,24). Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 sehinga dapat disimpulkan bahwa pendekatanSETS dapat memberdayakan Science Literacy pada pembelajaran IPA siswa sekolah dasar.

Keywords


pendekatan Science; Environment; Technology; and Society (SETS); Science Literacy; pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Bigbee, A.F., Curtiss, J.A., Litwin, L.S.& Harkin, M.T. (2010). Multi-Agency C2 Experiment Lifecycles: The Collaborative Experimentation Environment as a Case Study. The International C2 Journal, vol. 4, no. 3, hlm. 1-28.

Depdiknas. 2007. Kajian KurikulumMata Pelajaran IPA. Depdiknas. Jakarta.

Dimopoulos, I.D., Stefanos, P & John, D.P. (2015). Planning Educational Activities and Teaching Strategies On Constructing a Conservation Educational Module. International Journal of Environmental & Science Education, vol. 4, no. 4, hlm. 351-364.

Ergul, E., Simsekli, Y., Calis, S., Ozdilek, Z., Gocmencelebi, S., Sanli, M. (2011).The Effects Of Inquiry-Based Science Teaching On Elementary School Students’ Science Process Skills And Science Attitudes. Bulgarian International Journal of Science and Education Policy

(BJSEP),vol.5, no. 1, hlm. 48-52.

PISA. 2015. Ranking by Mean Score for Reading, Mathematics and Science. Online(http://www.pisa.oecd.org/pages/0,3417,en322523513223573111111,00.html Diakses

Desember 2017).

Suryabrata, S. 2005. MetodologiPenelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Yoruk, N.,dkk. (2010). The Effects of Science,Environment, Technology, Society (SETS) infraction on Teaching Chemistry. Natural Science. Vol.2, No.12, 1417-1424


Refbacks

  • There are currently no refbacks.